RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Namasekolah : SMP 1 SEMEN KEDIRI
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam dan Budi Pekerti
Kelas/
Semester : VII/Satu
MateriPokok : Lebih Dekat dengan Allah swt. yang
SangatIndah Nama-Nya
AlokasiWaktu : 1x20
menit
A.
KompetensiInti:
KI
1 : Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Menghargai dan menghayati perilaku jujur,
disiplin, bertanggungjawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percayadiri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 : Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya yang terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 : Mencoba,
mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai,
memodifikasi, dan membuat)
dan ranah abstrak
(menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang)
sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
|
1
|
3.1
Memahami
makna al Asma‘u al-husna: al-‘Alim, al Khabir, as-Sami’, dan al-Basir.
|
3.1.1Menyebutkan pengertian al-Asma‘u
al-husna (al-‘Alim, al-Khabir, as-Sami’,
dan al-Basir
).
3.1.2 Menjelaskan makna al-Asma‘u
al-husna (al-‘Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Basir ).
|
2
|
4.1Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan
keteladanan dari sifat al-Asma'u al-husna:al-’Alim, al Khabir, as-Sami’, dan
al-Basir.
|
4.1.1Mencontohkan perilaku yang mencerminkan
keteladanan dari sifat al-Asma‘u al-husna: al-‘Alim, al-Khabir,
as-Sami’, al-Basir .
|
C.
Materi Pembelajaran
1. Makna al-Asma‘u al-husna
al-Asma‘u al-husna artinya nama-nama Allah Swt. yang baik. Allah
Swt. mengenalkan dirinya dengan nama-nama-Nya yang baik, sesuai dengan firman-Nya:
¬!urâä!$oÿôF{$#4Óo_ó¡çtø:$#çnqãã÷$$sù$pkÍ5((#râsurtûïÏ%©!$#crßÅsù=ãþÎû¾ÏmÍ´¯»yJór&4tb÷rtôfãy$tB(#qçR%x.tbqè=yJ÷ètÇÊÑÉÈ
Artinya: hanya milik Allah asmaa-ul husna, Maka bermohonlah kepada-Nya
dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang
menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. nanti mereka akan
mendapat Balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.Pada bab ini hanya
empat al-Asma‘u al-husna yang akan kalian pelajari, yaitu: al-‘Alim,
al-Khabir, as-Sami’, al-Basir . Setelah mempelajari topik ini, kalian diharapkan
dapat menjelaskan makna keempat al-Asma‘u al-husna tersebut dan menerapkannya
dalam kehidupan sehari-hari.(Q.S. al-A’raf: 180)
Al- Alim Al-Alim
artinya Maha Mengetahui. AllahSwt. Maha Mengetahui yang tampak atau yang gaib.
Pengetahuan Allah Swt. tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Segala aktivitas
yang dilakukan oleh makhluk diketahui oleh AllahSwt.
*¼çnyYÏãurßxÏ?$xÿtBÉ=øtóø9$#w!$ygßJn=÷ètwÎ)uqèd4ÞOn=÷ètur$tBÎûÎhy9ø9$#Ìóst7ø9$#ur4$tBuräÝà)ó¡n@`ÏB>ps%uurwÎ)$ygßJn=÷ètwur7p¬6ymÎûÏM»yJè=àßÇÚöF{$#wur5=ôÛuwurC§Î/$twÎ)Îû5=»tGÏ.&ûüÎ7BÇÎÒÈ
Artimya: dan pada sisi Allah-lah
kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri,
dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun
pun yang gugur melainkan Dia
mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi,
dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab
yang nyata (Lauh Mahfudz)". (Q.S. al-An’am:59)
Perilaku yang dapat diwujudkandalam meyakini
sifat Allah al- Alim adalah kita harus terus-menerus mencariilmu-ilmunya
Allah Swt. dengan cara belajar dan merenungi ciptaan-Nya.
Al-Khabir Al-Khabir artinya Mahawaspada, mengetahui perkara yang tersembunyi.
Allah Swt. menciptakanmilyaran makhluk dengan berbagai ragamnya.Semuanya
diketahui oleh Allah dengan detail,penuh kecermatan dan kewaspadaan, baik secara
lahir maupun batin.
ôQr&óOçFö6Å¡ymbr&(#qä.uøIè?$£Js9urÄNn=÷ètª!$#tûïÏ%©!$#(#rßyg»y_öNä3ZÏBóOs9ur(#räÏGt`ÏBÈbrß«!$#wur¾Ï&Î!qßuwurtûüÏZÏB÷sßJø9$#ZpyfÏ9ur4ª!$#ur7Î7yz$yJÎ/cqè=yJ÷ès?ÇÊÏÈ
Artinya:dan
Allah Maha teliti terhadap apa yang kamu kerjakan.” (Q.S. at-Taubah: 16)
Perilaku yang dapat diwujudkan bagi orang yang
percaya bahwa Allah Swt. Mahawaspada adalah hendaklah kita harus waspada dan
cermat terhadap apa yangkita lakukan atau yang akan kita lakukan. Kita harus
waspada dan cermat dalam melaksanakan kegiatan, baik di sekolah, di rumah,
maupun di tempat lainnya.
As-SamiAs-Sami’
artinya Maha
Mendengar.Allah Swt. Maha Mendengar semua suara apapun yang ada di alam semesta
ini.Pendengaran Allah Swt. tidak terbatas,tidak ada satu pun suara yang lepas
dari pendengaran-Nya, meskipun suara itu sangatpelan.
ª!$#urììÏÿxîLìÎ=tæÇËÎÏÈ
Artinya: dan Allah Maha
mendengar lagi Maha mengetahui.
(Q.S. al-Baqarah: 256)
Perilaku yang mencerminkan keimanan kepada
Allah Swt. yang memiliki sifat Maha
Mendengar adalah kita harus berupaya agar segala yang kita ucapkan merupakan
perkataan yang baik dan berguna karena kita meyakini bahwa Allah selalu mendengar segala
yang kita ucapkan. Bahkan yang masih terbesit di dalam hati pun didengar oleh
Allah Swt.
Al-Basir
Al-Basir artinya Maha Melihat.
Allah Maha Melihat segala sesuatu walaupun lembut dan kecil. Allah Swt. melihat
apa saja yang ada di langit dan di bumi, bahkan seluruh alam semestaini dapat
dipantau.
ª!$#ur7ÅÁt/$yJÎ/tbqè=yJ÷ès?ÇÊÑÈ
Artinya:dan Allah Maha
melihat apa yang kamu kerjakan.
(Q.S. al-Hujurat: 18)
Perilaku yang mencerminkan keyakinan bahwa
Allah Maha Melihat adalah hendaklah kita berusaha semaksimal mungkin untuk
dapat melihat peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam ini sebagai bahan
renungan akan kebesaran Allah Swt. Kita diajarkan untuk pandai dan cermat dalam
memandang berbagai persoalan disekeliling kita. Namun jangan lupa, kita juga harus
selalu introspeksi diri untuk melihat kelebihan dan kekurangan kita sendiri
agar hidup menjadi lebih terarah.Sungguh hal ini sangat indah untuk diamalkan.
2. Hikmah Yang Dapat Diambil
a) Meningkatkan keimanan kepada Allah swt.
b) Selalu mendapat
pertolongan dari Allah Swt.
c) Hati menjadi
tenang dan tidak gelisah.
d) Sepanjang masa
hidupnya tidak akan pernah merasa rugi.
D.
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
memperhatikan materi Asma’ul al-husna: al-Alim, al-Khabir, as-Sami’, al-Basir. Peserta didik diharapkan dapat:
1. Mengetahui arti Asma’ul al-husna: al-Alim, al-Khabir, as-Sami’, al-Basir.
2. Menjelaskan
makna al-Asma‘u al-husna (al-‘Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Basir
).
3. Mencontohkan
perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asma‘u al-husna: al-‘Alim,
al-Khabir, as-Sami’, al-Basir .
E.
KegiatanPembelajaran
1.
Pendahuluan ( 5 menit)
a.
Guru
membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang
peserta didik dengan penuh khidmat;
b.
Guru
memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan
(nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
c.
Guru
memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan
tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
d.
Guru
memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang
berkaitan dengan materi
pelajaran.
e.
Guru
menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
f.
Guru
membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.
2.
Kegiatan inti (10 menit)
a.
Mengamati
·
Mengamati LCD Tentangal-Asma'u al-husna:al-’Alim, al Khabir,
as-Sami’, dan al-Basir.
·
Mencatat
hasil pengamatan terhadap hal- hal penting dari kekuranganbacaanya di bandingkantayangan
LCD
b.
Menanya
·
Melalui
motivasi dari guru mengajukan pertanyaan kepada teman kelompok dan guru tentang
hal- hal yang belum jelas dari pengamatan terhadap tayangan LCD
c.
Explore
·
Peserta
didik mengamati lingkungan sekitar yang mencerminkan al-Asma'u al-husna:al-’Alim, al Khabir,
as-Sami’, dan al-Basir.
·
Mendiskusikan
data yang diperoleh dari hasil pengamatan lingkungan sekitar yang mencerminkan al-Asma'u al-husna:al-’Alim, al Khabir,
as-Sami’, dan al-Basir.
d.
Asosiasi
·
Anggota yang lain mengamati
dan
mendiskusikan
untuk
memberi
pendapat dan penilaian data yang diperoleh
·
Memilih diantara temannya
untuk
menjadi
moderator, sekretaris dan
pemateri
e.
Komunikasi.
·
Mempresentasikan hal-hal yang mencerminkan al-Asma'u al-husna:al-’Alim, al Khabir,
as-Sami’, dan al-Basir,
di lingkumgan sekitar
·
Kelompok lain mengamati
dan
member
penilaian
hasil
presentasi
·
Sekretaris menginvenaris
hasil penilaian masing –masing kelompok
·
Selama pembelajaran
berlangsung guru mengadakan penilaian proses dengan rubrik observasi dan memberi penguat dari
hasil presentasi
·
Guru memberi penghargaan
pada kelompok yang hasil presentasinya terbagus
3.
Penutup (5 menit)
a.
Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
b.
Bersama-sama melakukan
refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
c.
Guru memberikan reward kepada
kelompok “terbaik”, yakni:
·
Kelompok yang memahami betul al-Asma'u al-husna:al-’Alim, al Khabir,
as-Sami’, dan al-Basir.
·
Kelompok yang dapat
menunjukkan contoh al-Asma'u al-husna:al-’Alim, al Khabir, as-Sami’, dan al-Basir, di lingkungan sekitar
dengan tepat
d.
Guru
menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
e.
Bersama-sama
menutup pelajaran dengan berdoa.
F.
PenilaianPembelajaran,
Remedial, danPengayaan
PenilaianPembelajaran
Berilah tanda centang (√) pada kolom
yang tersedia sesuai dengan perilaku kalian!
No.
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1.
|
Saya meyakini bahwa Allah Swt. Mengetahui semua yang ada di langitdan di bumi.
|
|
|
2.
|
Saya meyakini bahwa ilmu yang saya dapatkan adalah hasil jerih payah semata.
|
|
|
3.
|
Saya harus berbaiksangka kepada Allah Swt. Dan orang lain karena tidak mengetahui apa yang terjadipada orang tersebut.
|
|
|
4.
|
Saya meyakini bahwa semua perbuatan dan pekerjaan manusia diketahui Allah Swt.
|
|
|
5.
|
Saya meyakini bahwa saya boleh berkata semaunya karena tidak ada yang mendengarnya.
|
|
|
6.
|
Saya meyakini bahwa kita boleh berbuat sesukahati selama tidak ada orang yang melihat
|
|
|
7.
|
Saya meyakini bahwa penglihatan Allah Swt. Juga ada batasnya.
|
|
|
Jawablah soal berikut ini sesuai dengan pernyataan!
1. Apa yang kamu ketahui tentang iman?
Jelaskan!
2. Mengapa Allah Swt. Itui ndah nama-nama-Nya?
3. Mengapa Allah itual- ’Alim? Sebutkan bukti-buktinya!
4. Mengapa Allah itual-Khair? Sebutkan bukti-buktinya!
5. Mengapa Allah ituas-Sami’? Sebutkan bukti-buktinya!
6. Mengapa Allah itual-Basir? Sebut kanbukti-buktinya!
7. Berikan 2 contoh perilaku al-’Alim dalam kehidupan sehari-hari,
baik di sekolah maupun di rumah!
8. Berikan 2 contoh perilaku al-Khabir dalam kehidupan sehari-hari,
baik di sekolah maupun di rumah!
9. Jelaskan artial- ’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Basir!
10. Bagaimana tanggapanmu apabila melihat teman-temanmu melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan semangat al-Asma-al-husna tersebut?
Penilaian
Remedial
·
Peserta didik yang belum menguasai materi akan
dijelaskan kembali oleh guru materi iman kepada Allah swt. Guru akan melakukan
penilaian kembali dengan soalyang sejenis atau memberikan tugas individu
merangkum materi iman kepada Allah swt.Remedial dilaksanakan pada waktu yang
telah ditentukan, boleh pada saat pembelajaranapabila masih ada waktu, atau di
luar jam pelajaran (30 menit setelah pulang jam pelajaranselesai).
PenilaianPengayaan
·
Peserta didik yang sudah menguasai materi
mengerjakan soal pengayaan berupamacam-macam sifat wajib bagi Allah swt. yang
telah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi
peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
G.
Media/alat, Bahan, danSumber Belajar
1. Media/alat
·
Laptop
·
LCD Projector
2.
SumberBelajar
·
Buku teks siswa PAI SMP Kelas VII
·
Internet
·
Sumber
lain yang relevan
Kediri, 22 September 2017
Mengetahui,
Kepala SMP 1 SEMEN
KEDIRI Mahasiswa PPL
AIRLANGGA
PERDANA, M.Pd.I MOHAMAD
YUNUS S.
NIP. 196610051994031016 NIM. 932112414
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Semoga Manfaat