Rabu, 20 Desember 2017

Belajar Membuat Lembaga Tingkat SMP/MTS yang Mencetak Generasi Qur'an



A.    Identitas Lembaga

1.      Nama Lembaga
SMP IT As-Salafiyah
2.      Alamat Lembaga
Desa Balowerti Kec Kota Kediri
3.      Bahasa Pengantar
Billingual
4.      Masa Studi
3 Tahun


B.      Visi :
Mencetak generasi milenial yang islami dan berwawasan global.
C.      Misi :
1.       Menanamkan keimanan dan ketaqwaan melalui pengamalan ajaran agama
2.      Mengoptimalkan proses pembelajaran dan bimbingan
3.      Mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi berdasarkan minat, bakat dan potensi peserta didik
4.      Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan pembiasaan, kewirausahaan dan pengembangan diri yang terencana dan berkesinambungan
5.      Menjalin kerja sama yang harmonis antara warga sekolah dan lembaga lain yang terkait
D.    Profil Lulusan
1.      Mempunyai Aqidah yang lurus dan Akhlaq karimah
2.      Mempunyai pemahaman islam yang kamil
3.      Lulus Ujian Akhir Nasional( UAN dengan prestasi akademik minim 8,5 )
4.      Mempunyai hafalan Al-Qur’an minimal 2 juz
5.      Mandiri, kreatif, dan mempunyai jiwa kepemimpinan 

E.     Manajemen Lembaga
1.      Manajemen SDM/Personalia
Adalah seni dan ilmu dalam meperoleh, memajukan dan menfaatkan tenaga kerja sehingga tujuan organisasi atau lembaga dapat terealisasikan secara berdaya guna dan berhasil untuk mencapai tujuan 
·         Struktur Organisasi :
Penanggung Jawab     : KH. Syamsul Ma’arif M.pd.I
Kepala Sekolah           : Dr Ahmad Eidil Fauzi
Waka Kurikulum         : Dr. Moch. Iftachul Khoir
Waka Kesiswaan        : Dr. Afiq Azizi Ahmad
Waka Tata Usaha        : Asa Syauqi S.Pd
Waka SarPras              : Diah Ilva S.Pd
Tenaga Pendidik         : Gigin Ginanjar S.Pd
                                      Syaifuddin Zuhri S.Pd
                                      Annisatul Masruroh S.Pd
                                      Nanik Rohmatul Hidayah S.Pd
                                      Chaula Nur S.Pd
Tenaga Kependidikan : Siti Choirun Nisa’ S.Pd
                                      Izzatul Laila. S.fil

·         Proses Rekrutmen 
Adalah serangkaian aktivitas mencari dan mengambil pelamar kerja dengan motivasi, kemampuan, keahlia, dan pengetahuan yang diperlukan guna menutupi kekueangan yang diidentifikasi dalam perencanaan kepegawaian.
1.      Pentususna strategi untuk merekut
2.      Pencarian pelamar-pelamar kerja
3.      Penyisihan pelamar kerja yang tidak cocok
4.      Pembuatan kumpulan pelamar  
·         Pengelolaan SDM
Adalah suatu proses yang berhubungan dengan implementasi indikator fungsi-fungsi pengelolaan atau manajemen yang berperan penting dan efektif dalam menunjang tercapainya tujuan lembaga maupun organisasi atau suatu perusahaan.
1. Pembinaan akademis
2. Pemberdayaan personil dan staff lainnya
3. Kesejahteraan personil
4. Pembinaan karier
2.      Manajemen kurikulum
·         Adalah kegiatan mengoprasionalkan visi, misi, tujuan, dan target sekolah dengan mengacu pada kurikulum nasional dan lokal yang berlaku sesuai dengan situasi dan kondisi yang dijabarkan dalam program tahunan dan program semesteran berdasarkan kalender pendidikan.
·         Kegiatan Belajar Mengajar
Ø  Kurikulum K13

Mata Pelajaran dan Life Skill
Jam Pelajaran/Minggu
Bahasa Indonesia
4 jam/ Minggu
Matematika
4 jam/Minggu
Ilmu Pengetahuan Alam
4 jam/Minggu
Bahasa Inggris
4 jam/Minggu
Pancasila dan Kewarganegaraan
2 Jam/Minggu
Ilmu Pengetahuan Sosial
2 jam/Minggu
Pendidikan Agama Islam
2 jam/Minggu
Baca Kitab
2 jam/minggu
Public Speaking
2 jam/Minggu
تعليم اللغة العربية
2 jam/Minggu
Olahraga ( life skill)
2 jam/Minggu
Elektro ( life skill)
2 jam/Minggu
Teater ( life skill)
2 jam/Minggu
Tata Boga ( life skill)
2 jam/Minggu

3.      Manajemen Kelas
·         Adalah suatu proses perencanaan dalam mendesain dan memelihara lingkungan pada kelompok belajar untuk mencaapi tujuan tertentu secara efisien 
·         Pengelolaan Kelas
Ø  KBM mulai pukul 07.00-13.00 selain Jumat 07.00-10.30
Ø  Durasi Perjam : 40 Menit
Ø  Penggunaan metode active learning
Ø  Penggunaan Moving Class sesuai keinginan siswa
Ø  Dengan prinsip “semua anak istimewa dan memanusiakan manusia” kami menaruh akan mewadahi anak sesuai bakat dengan agenda Life Skill.
4.      Manajemen Siswa
·         Adalah pengaturan berbagai kegiatan yang berkaitan dengan siswa yang dimulai dari kegiatan penerimaan sampai kelulusan dan pelepasan siswa
·         Persyaratan Pendaftaran :
Ø  Mengisi Formulir Pendaftaran
Ø  Foto Copy ijazah SD/MI
Ø  Foto 4x6 4 lembar background merah
Ø  Foto Copy KK
Ø  Biaya Administrasi
·         Pengelolaan Siswa :
Ø  Pengelompokan siswa sesuai tingkatan keilmuan
Ø  Pembatasan Jumlah siswa dalam kelas
5.      Manajemen Sarana Prasarana
Adalah kegiatan yang dimulai dari perencanaan kebutuhan, pengadaan, inventarisasi, penyimpanan, pemeliharaan, penggunaan, dan penghapusan sampai dengan penataan-penataan lahan, bangunan, perlengkapan, dan perabot sekolah secara tepat sasaran
·         Sarana Prasarana Pendudukung Pembelajaran :
Jenis Sarana Prasarana
Jumlah
Kursi Siswa
120
Meja Siswa
120
Kursi Guru di Ruang Kelas
6
Meja Guru di Ruang Kelas
6
Papan Tulis
6
Lemari di Ruang Kelas
6
Komputer/Laptop di Lab. Komputer
8
Alat Peraga keagamaan
8
Alat Peraga IPA (Sains)
6
Alat alat elektro
1 paket
Alat alat tata boga
1 paket
Bola Sepak
2
Bola Voli
2
Bola Basket
2
Meja Pingpong (Tenis Meja)
1
Lapangan Sepakbola/Futsal
1
Lapangan Basket
1
Lapangan Bola Voli
1
Gedung madrasah
3
Aula
1
Mushola
1
Gazebo
4

·         Prosedur
1.      Mendiskusikan dan merenanakan kebutuhan alat pelajaran, peraga, dan media pengajaran berdasarkan kurikulum
2.      Mengadakan berdasarkan prioritas
3.      Mencatat fasilitas perpustakaan dengan cermat dan tertib
4.      Menentukan penanggung jawab setiap sarana dan prasarana
5.      Menetapkan pemanfaatan masing-masing fasilitas yang ada
6.      Menyusun jadwal pemeliharaan masing-masing fasilitas yang ada
7.      Menentukan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk perawatan dan kebersihan

6.      Manajemen Humas
Adalah kegiatan sekolah yang melibatkan masyarakat baik secara individual maupun organisasi dengan prinsip sukarela, saling menguntungkan dan meiliki kepentingan bersama guna membantu kelancaran penyelenggraan pendidikan di sekolah
Waktu pelaksanaan kerja sama meliputi :
1.      Terjadwal, terencana, berkesinambungan dalam melakukan pertemuan dengan tokoh masyarakat maupun yang terkait lainnya
2.      Tidak terjadwal, dapat dilakukan sesuai dengan keperluan misalnya, kunjungan ke rumah tokoh masyarakat
Teknik pendekatan humas :
1.      Melakukan kunjungan ke rumah tokoh masyarakat
2.      Melakukan prastisipasi dalam kegiatan kemasyarakatan
3.      Mengadakan kegiatan dan program kerjasama dengan masyarakat
4.      Mengadakan buletin atau majalah sekolah
5.      Membina hubungan dengan instansi yang terkait guna memperoleh dukungan untuk pendidikan di sekolah

7.      Manajemen Keuangan
Adalah kegiatan intik merencaan memperoleh, menggunakan, dan memepertanggung jawabkan kuangan sekolah kepada pihak-pihak yang berkepentingan
Cara mendapat biaya keuangan sekolah
1.      Menyusun proposal
2.      Menentukan keperluan dana
3.      Mencatat atau mendaftarkan sumber pembiayaan sekolah
4.      Menyusun RAPBS
5.      Mengajukan proposal dan RAPBS dengan instasi terkait
8.      Manajemen Pemasaran
Adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapat kebutuhan dengan menciptan, menawarkan sesuatu yaang bernilai.
Langkah dalam manajemen pemasaran :
1.      Identifikasi pasar atau pemetaan dari sekoalh lain
2.      Segmentasi pasar dan positining
3.      Deferensiasi produk
4.      Komunikasi pemasaran





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semoga Manfaat