Jumat, 22 Desember 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Namasekolah               : SMP 1 SEMEN KEDIRI
Mata Pelajaran            : Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Kelas/ Semester          : VII/Satu
MateriPokok               : Lebih Dekat dengan Allah swt. yang SangatIndah Nama-Nya
AlokasiWaktu : 1x20 menit
A.    KompetensiInti:
KI 1 :   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 :   Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, bertanggungjawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percayadiri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI 3 :   Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya yang terkait dengan fenomena dan kejadian tampak mata.
KI 4 :   Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.




B.     Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
No
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
1
3.1 Memahami makna al Asma‘u al-husna: al-‘Alim, al Khabir, as-Sami’, dan al-Basir.
3.1.1Menyebutkan pengertian al-Asma‘u al-husna (al-‘Alim, al-Khabir, as-Sami’,
dan al-Basir ).
3.1.2 Menjelaskan makna al-Asma‘u al-husna (al-‘Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Basir ).

2
4.1Menyajikan contoh perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asma'u al-husna:al-’Alim, al Khabir, as-Sami’, dan al-Basir.
4.1.1Mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asma‘u al-husna: al-‘Alim, al-Khabir, as-Sami’, al-Basir .

C.    Materi Pembelajaran
1.      Makna al-Asma‘u al-husna
al-Asma‘u al-husna artinya nama-nama Allah Swt. yang baik. Allah Swt. mengenalkan dirinya dengan nama-nama-Nya yang baik, sesuai dengan firman-Nya:
¬!urâä!$oÿôœF{$#4Óo_ó¡çtø:$#çnqãã÷Š$$sù$pkÍ5((#râsŒurtûïÏ%©!$#šcrßÅsù=ãƒþÎû¾ÏmÍ´¯»yJór&4tb÷rtôfãy$tB(#qçR%x.tbqè=yJ÷ètƒÇÊÑÉÈ
Artinya: hanya milik Allah asmaa-ul husna, Maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. nanti mereka akan mendapat Balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan.Pada bab ini hanya empat al-Asma‘u al-husna yang akan kalian pelajari, yaitu: al-‘Alim, al-Khabir, as-Sami’, al-Basir . Setelah mempelajari topik ini, kalian diharapkan dapat menjelaskan makna keempat al-Asma‘u al-husna tersebut dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.(Q.S. al-A’raf: 180)
            Al- Alim Al-Alim artinya Maha Mengetahui. AllahSwt. Maha Mengetahui yang tampak atau yang gaib. Pengetahuan Allah Swt. tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Segala aktivitas yang dilakukan oleh makhluk diketahui oleh AllahSwt.
*¼çnyYÏãurßxÏ?$xÿtBÉ=øtóø9$#Ÿw!$ygßJn=÷ètƒžwÎ)uqèd4ÞOn=÷ètƒur$tBÎûÎhŽy9ø9$#̍óst7ø9$#ur4$tBuräÝà)ó¡n@`ÏB>ps%uuržwÎ)$ygßJn=÷ètƒŸwur7p¬6ymÎûÏM»yJè=àßÇÚöF{$#Ÿwur5=ôÛuŸwurC§Î/$tƒžwÎ)Îû5=»tGÏ.&ûüÎ7BÇÎÒÈ
                       Artimya: dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tidak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daun pun yang gugur  melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir biji-pun dalam kegelapan bumi, dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfudz)". (Q.S. al-An’am:59)
                       Perilaku yang dapat diwujudkandalam meyakini sifat Allah al- Alim adalah kita harus terus-menerus mencariilmu-ilmunya Allah Swt. dengan cara belajar dan merenungi ciptaan-Nya.
                       Al-Khabir Al-Khabir artinya Mahawaspada, mengetahui perkara yang tersembunyi. Allah Swt. menciptakanmilyaran makhluk dengan berbagai ragamnya.Semuanya diketahui oleh Allah dengan detail,penuh kecermatan dan kewaspadaan, baik secara lahir maupun batin.
ôQr&óOçFö6Å¡ymbr&(#qä.uŽøIè?$£Js9urÄNn=÷ètƒª!$#tûïÏ%©!$#(#rßyg»y_öNä3ZÏBóOs9ur(#räÏ­Gtƒ`ÏBÈbrߊ«!$#Ÿwur¾Ï&Î!qßuŸwurtûüÏZÏB÷sßJø9$#ZpyfÏ9ur4ª!$#ur7ŽÎ7yz$yJÎ/šcqè=yJ÷ès?ÇÊÏÈ
                        Artinya:dan Allah Maha teliti terhadap apa yang kamu kerjakan.”                                       (Q.S. at-Taubah: 16)
                   Perilaku yang dapat diwujudkan bagi orang yang percaya bahwa Allah Swt. Mahawaspada adalah hendaklah kita harus waspada dan cermat terhadap apa yangkita lakukan atau yang akan kita lakukan. Kita harus waspada dan cermat dalam melaksanakan kegiatan, baik di sekolah, di rumah, maupun di tempat lainnya.
                        As-SamiAs-Sami’ artinya Maha Mendengar.Allah Swt. Maha Mendengar semua suara apapun yang ada di alam semesta ini.Pendengaran Allah Swt. tidak terbatas,tidak ada satu pun suara yang lepas dari pendengaran-Nya, meskipun suara itu sangatpelan.
ª!$#urììÏÿxœîLìÎ=tæÇËÎÏÈ
                        Artinya: dan Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui.
                        (Q.S. al-Baqarah: 256)
Perilaku yang mencerminkan keimanan kepada Allah Swt. yang  memiliki sifat Maha Mendengar adalah kita harus berupaya agar segala yang kita ucapkan merupakan perkataan yang baik dan berguna karena kita  meyakini bahwa Allah selalu mendengar segala yang kita ucapkan. Bahkan yang masih terbesit di dalam hati pun didengar oleh Allah Swt.
                        Al-Basir Al-Basir artinya Maha Melihat. Allah Maha Melihat segala sesuatu walaupun lembut dan kecil. Allah Swt. melihat apa saja yang ada di langit dan di bumi, bahkan seluruh alam semestaini dapat dipantau.
ª!$#ur7ŽÅÁt/$yJÎ/tbqè=yJ÷ès?ÇÊÑÈ
                        Artinya:dan Allah Maha melihat apa yang kamu kerjakan.
                        (Q.S. al-Hujurat: 18)
                        Perilaku yang mencerminkan keyakinan bahwa Allah Maha Melihat adalah hendaklah kita berusaha semaksimal mungkin untuk dapat melihat peristiwa-peristiwa yang terjadi di alam ini sebagai bahan renungan akan kebesaran Allah Swt. Kita diajarkan untuk pandai dan cermat dalam memandang berbagai persoalan disekeliling kita. Namun jangan lupa, kita juga harus selalu introspeksi diri untuk melihat kelebihan dan kekurangan kita sendiri agar hidup menjadi lebih terarah.Sungguh hal ini sangat indah untuk diamalkan.
2.      Hikmah Yang Dapat Diambil
a)      Meningkatkan keimanan kepada Allah swt.
b)      Selalu mendapat pertolongan dari Allah Swt.
c)      Hati menjadi tenang dan tidak gelisah.
d)      Sepanjang masa hidupnya tidak akan pernah merasa rugi.
D.    Tujuan Pembelajaran
Setelah memperhatikan materi Asma’ul al-husna: al-Alim, al-Khabir, as-Sami’, al-Basir. Peserta didik diharapkan dapat:
1.      Mengetahui arti Asma’ul al-husna: al-Alim, al-Khabir, as-Sami’, al-Basir.
2.      Menjelaskan makna al-Asma‘u al-husna (al-‘Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Basir ).
3.      Mencontohkan perilaku yang mencerminkan keteladanan dari sifat al-Asma‘u al-husna: al-‘Alim, al-Khabir, as-Sami’, al-Basir .
E.     KegiatanPembelajaran        
1.         Pendahuluan  ( 5 menit)
                                a.          Guru membuka pembelajaran dengan salam dan berdo’a bersama dipimpin oleh seorang peserta didik dengan penuh khidmat;
                                b.          Guru memulai pembelajaran dengan membaca al-Qur’an surah/ayat pilihan (nama surat sesuai dengan program pembiasaan yang ditentukan sebelumnya);
                                c.          Guru memperlihatkan kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran  dan memeriksa kerapihan pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
                                d.          Guru memberikan motivasi dan mengajukan pertanyaan secara komunikatif yang berkaitan  dengan  materi pelajaran.
                                e.          Guru menyampaikan kompetensi inti, kompetensi dasar dan tujuan yang akan dicapai.
                                 f.          Guru membagi peserta didik dalam beberapa kelompok.
2.         Kegiatan inti (10 menit)
a.         Mengamati
·           Mengamati LCD Tentangal-Asma'u al-husna:al-’Alim, al Khabir, as-Sami’, dan al-Basir.
·           Mencatat hasil pengamatan terhadap hal- hal penting dari kekuranganbacaanya di bandingkantayangan LCD
b.        Menanya
·           Melalui motivasi dari guru mengajukan pertanyaan kepada teman kelompok dan guru tentang hal- hal yang belum jelas dari pengamatan terhadap tayangan  LCD
c.         Explore
·           Peserta didik mengamati lingkungan sekitar yang mencerminkan al-Asma'u al-husna:al-’Alim, al Khabir, as-Sami’, dan al-Basir.
·           Mendiskusikan data yang diperoleh dari hasil pengamatan lingkungan sekitar yang mencerminkan al-Asma'u al-husna:al-’Alim, al Khabir, as-Sami’, dan al-Basir.
d.        Asosiasi
·           Anggota yang lain mengamati dan mendiskusikan untuk memberi pendapat dan penilaian data yang diperoleh
·           Memilih diantara temannya untuk menjadi moderator, sekretaris dan pemateri
e.         Komunikasi.
·           Mempresentasikan hal-hal yang mencerminkan al-Asma'u al-husna:al-’Alim, al Khabir, as-Sami’, dan al-Basir, di lingkumgan sekitar
·         Kelompok lain mengamati dan member penilaian hasil presentasi
·         Sekretaris menginvenaris hasil penilaian masing –masing kelompok
·         Selama pembelajaran berlangsung guru  mengadakan penilaian proses dengan rubrik observasi dan memberi penguat dari hasil presentasi
·         Guru memberi penghargaan pada kelompok yang hasil presentasinya terbagus
3.         Penutup (5 menit)
                               a.            Dibawah bimbingan guru, peserta didik menyimpulkan materi pembelajaran secara demokratis.
                              b.            Bersama-sama melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan.
                               c.            Guru memberikan reward kepada kelompok “terbaik”, yakni:
·           Kelompok yang memahami betul al-Asma'u al-husna:al-’Alim, al Khabir, as-Sami’, dan al-Basir.
·           Kelompok yang dapat menunjukkan contoh al-Asma'u al-husna:al-’Alim, al Khabir, as-Sami’, dan al-Basir, di lingkungan sekitar dengan tepat
                              d.            Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan menyampaikan tugas mandiri terstruktur.
                               e.            Bersama-sama menutup pelajaran dengan berdoa.


F.     PenilaianPembelajaran, Remedial, danPengayaan
PenilaianPembelajaran
Berilah tanda centang (√) pada kolom yang tersedia sesuai dengan perilaku kalian!

No.
Pernyataan
Ya
Tidak
1.       
Saya meyakini bahwa Allah Swt. Mengetahui semua yang ada di langitdan di bumi.



2.
Saya meyakini bahwa ilmu yang saya dapatkan adalah hasil jerih payah semata.



3.
Saya harus berbaiksangka kepada Allah Swt. Dan orang lain karena tidak mengetahui apa yang terjadipada orang tersebut.



4.
Saya meyakini bahwa semua perbuatan dan pekerjaan manusia diketahui Allah Swt.



5.
Saya meyakini bahwa saya boleh berkata semaunya karena tidak ada yang mendengarnya.


6.
Saya meyakini bahwa kita boleh berbuat sesukahati selama tidak ada orang yang melihat


7.
Saya meyakini bahwa penglihatan Allah Swt. Juga ada batasnya.


Jawablah soal berikut ini sesuai dengan pernyataan!
1.      Apa yang kamu ketahui tentang iman? Jelaskan!
2.      Mengapa Allah Swt. Itui ndah nama-nama-Nya?
3.      Mengapa Allah itual- ’Alim? Sebutkan bukti-buktinya!
4.      Mengapa Allah itual-Khair? Sebutkan bukti-buktinya!
5.      Mengapa Allah ituas-Sami’? Sebutkan bukti-buktinya!
6.      Mengapa Allah itual-Basir? Sebut kanbukti-buktinya!
7.      Berikan 2 contoh perilaku al-’Alim dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di rumah!
8.      Berikan 2 contoh perilaku al-Khabir dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah maupun di rumah!
9.      Jelaskan artial- ’Alim, al-Khabir, as-Sami’, dan al-Basir!
10.  Bagaimana tanggapanmu apabila melihat teman-temanmu melakukan perbuatan-perbuatan yang tidak sesuai dengan semangat al-Asma-al-husna tersebut?
Penilaian Remedial
·        Peserta didik yang belum menguasai materi akan dijelaskan kembali oleh guru materi iman kepada Allah swt. Guru akan melakukan penilaian kembali dengan soalyang sejenis atau memberikan tugas individu merangkum materi iman kepada Allah swt.Remedial dilaksanakan pada waktu yang telah ditentukan, boleh pada saat pembelajaranapabila masih ada waktu, atau di luar jam pelajaran (30 menit setelah pulang jam pelajaranselesai).
PenilaianPengayaan
·        Peserta didik yang sudah menguasai materi mengerjakan soal pengayaan berupamacam-macam sifat wajib bagi Allah swt. yang telah disiapkan oleh guru. (Guru mencatat dan memberikan tambahan nilai bagi peserta didik yang berhasil dalam pengayaan).
G.    Media/alat, Bahan, danSumber Belajar
1.      Media/alat
·         Laptop
·         LCD Projector
2.      SumberBelajar
·         Buku teks siswa PAI SMP Kelas VII
·         Internet
·         Sumber lain yang relevan
Kediri, 22 September 2017
Mengetahui,
Kepala SMP 1 SEMEN KEDIRI                                  Mahasiswa PPL



AIRLANGGA PERDANA, M.Pd.I                  MOHAMAD YUNUS S.
 NIP. 196610051994031016                                          NIM. 932112414

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semoga Manfaat