MAKALAH RANCANGAN USAHA BISNIS MINUMAN RINGAN
“KOCOK (Kopi dan Coklat)”
STRUKTUR RANCANGAN USAHA / BISNIS
KoCok
(Kopi Coklat)
1. Pendahuluan
1.1 Ringkasan Eksekutif
KoCok
atau gabungan dari dua elemen minuman yaitu kopi dan coklat ini merupakan
minuman instan yang menawarkan kesegaran bagi penikmat minuman instan. Produk
KoCok ini berawal dari inisiatif Kami yang berawal dari googling guna
mencari produk yang sekiranya lagi trend di masyarakat luas. Sebenarnya
nama minuman semacam ini bernama Frappucino dan Kami berinisiatif untuk
membuat nama produk sendiri dengan menggunakan nama produk KoCok. Didalam
menawarkan produk Kami, disini Kami akan menawarkan beberapa varian rasa,
seperti berikut:
1. KoCok Original (kopi dan coklat)
2. KoCok Cappucino (kopi cappucino dan
coklat)
3. KoCok Mochachino (kopi mocchahino dan
coklat)
4. KoCok Oreo (kopi oreo dan coklat)
Usaha
Kami akan Kami pasarkan di daerah atau wilayah padat penduduk seperti di
wilayah anak-anak sekolahan, kuliah, dan tempat kerja. Segmentasi yang akan
Kami tuju yaitu lebih condong ke anak-anak sekolahan, dan anak kuliah karena
harga yang Kami tawarkan lumayan ringan bagi kalangan tersebut.
1.2 Latar Belakang Usaha
Di
Indonesia banyak sekali bidang usaha yang bisa dicoba untuk meraih keuntungan
yang besar. Salah satu cabang usaha yang bisa dijadikan pilihan untuk bisnis
yang lumayan menjanjikan adalah usaha kuliner. Usaha kuliner di Indonesia
banyak macamnya, salah satunya yaitu minuman ringan. Beberapa tahun terakhir
banyak sekali para pebisnis yang berlomba mengeluarkan produk minuman ringan
yang akhirnya memicu banyak pebisnis baru untuk mencoba mendirikan bisnis
minuman ringan ini. Dan ini menjadi salah satu alasan kenapa Kami ingin mencoba
mendirikan usaha minuman ringan yang Kami bernama “KoCok”. Produk ini
Kami beri nama KoCok karena nama ini merupakan gabungan dari Kopi dan Coklat lalu
Kami singkat dengan nama KoCok.
Kami
memilih produk ini untuk dijadikan produk bisnis, karena berawal dari kami yang
berinisiatif mencari apa yang lagi marak minuman saat ini yang banyak
digandrungi masyarakat khususnya anak remaja maupun anak-anak. Kami mencari dan
akhirnya Kami pun mendapatkan contoh minuman yang bernama Frappucino.
Frappucino ini merupakan salah satu minuman yang lagi nge-hits di
kalangan remaja.
2. Pembahasan
2.1 Tim Manajemen
2.1.1
Organisasi
dan Sumber Daya Manusia
Rencana struktur organisasi kedepannya akan dibagi menjadi 4 bagian.
Untuk
Penanggung Jawab Usaha KoCok (Kopi Coklat) adalah Yoga Adi P.
Berikut
rincian beserta tugas setiap bidangnya :
a.
Manajer produksi akan dijabat oleh Nur Hidayatul Abidah yang bertugas
sebagai penanggung jawab atas bahan baku yang akan diolah dan segala hal lain
yang dibutuhkan untuk penjualan.
b.
Manajer Keuangan akan dijabat oleh Rina Karisma yang bertugas
sebagai penanggung jawab mengolah pengeluaran dan pendapatan usaha yang
dibukukan dan disetorkan setiap minggunya.
c. Manajer Pemasaran akan dijabat
Anggita Rizki D.P., yang bertugas sebagai operator untuk melakukan kegiatan
promosi dan pendekatan pasar dilingkungan yang
dituju.
d. Untuk Staff Penjualan akan dilakukan oleh,
Eka Aulia Wati, Anggita Rizki DP, Siti Mayasari
Waningsiun, Farida Hurin M. yang bertugas
untuk menjual produk sebanyak – banyaknya sesuai target yang ditetapkan. Untuk
setiap kios akan dijaga oleh dua orang staff penjualan, setiap harinya kios dibuka
pukul 09.00 WIB dan ditutup pukul 20.00 WIB. Untuk sift pagi dimulai jam 08.30
WIB – 14.30 WIB. Dan untuk sift siang dimulai pukul 14.30 WIB – 20.00 WIB.
2.1.2
Perijinan
Untuk awal pembukaan
usaha KoCok perijinan belum ada. Namun kedepannya akan dilakukan rencana
pengurusan perijinan adalah ijin produk ke BPOM (Badan Pengawas Obat dan
Makanan ) untuk regulasi, standarisasi, dan sertifikasi produk KoCok (Kopi
Coklat).
2.1.3
Kegiatan
Pra Operasi dan Jadwal Pelaksanaan
Pelaksanaan kegiatan pra
operasi KoCok (Kopi Coklat) akan dilakukan di tahun 2018 dengan rincian
kegiatan sebagai berikut :
Kegiatan
|
Waktu (minggu)
|
||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
|
Penyelesaian Konsep
(survei pasar, desaign logo, desaing kemasan)
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Membeli Perlengkapan
dan Peralatan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Cetak Brosur dan Logo
Kemasan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Pembelian Bahan Baku
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan Promosi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Persiapan untuk memulai
penjualan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.1.4
Investaris
Kantor
Investaris kantor yang
dibutuhkan adalah 1 buah laptop, buku kas dan perlatan tulis. Untuk pencetakan
Brosur dan Kemasan dilakukan di percetakan terdekat, karena modal tidak terlalu
besar.
2.2 Rencana Keuangan
2.2.1
Permodalan
Untuk merealisasikan pelaksanaan rencana
bisnis ini, secara keseluruhan membutuhkan permodalan sebesar Rp, dimana
perkiraan sumber modal berasal dari
modal sendiri, dan relasi (teman) yang bekerja sama untuk pendirian usaha ini.
2.2.2
Kelayakan
Perkiraan
biaya dan benefit bisnis, termasuk perkirtaan penjualan dan seluruh biaya.
Tabel
1.1 Rincian Kebutuhan Peralatan KoCok (Kopi Coklat)
(Biaya
Tetap Per Tahun)
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga Satuan
|
Jumlah Harga
|
Blender
|
2
|
Rp250.000
|
Rp500.000
|
Gerobak Es
|
2
|
Rp1.500.000
|
Rp3.000.000
|
Termos Es
|
2
|
Rp50.000
|
Rp100.000
|
Pisau
|
2
|
Rp10.000
|
Rp20.000
|
Parutan Coklat
|
2
|
Rp5.000
|
Rp10.000
|
Stop Kontak
|
2
|
Rp50.000
|
Rp100.000
|
Rak Kecil
|
2
|
Rp30.000
|
Rp60.000
|
Toples Kecil
|
2
|
Rp15.000
|
Rp30.000
|
Sendok Es
|
2
|
Rp4000
|
Rp8000
|
Jumlah
|
Rp3.828.000
|
Tabel
1.1 Bahan KoCok (Kopi Coklat)
(Biaya
Per Bulan)
Nama Barang
|
Jumlah Barang
|
Harga Satuan
|
Jumlah Harga
|
Es Batu
|
600 buah
|
Rp500
|
Rp300.000
|
Coklat Kemasan
|
6000 buah
|
Rp1.750
|
Rp10.500.000
|
Kopi Kemasan
|
3000 buah
|
Rp1.000
|
Rp3.000.000
|
Susu Kental Manis
|
30 kaleng
|
Rp8.300
|
Rp124.500
|
Air Galon
|
30 galon
|
Rp35.000
|
Rp1.500.000
|
ChocoChip
|
5 kg
|
Rp50.000
|
Rp250.000
|
Coklat Batangan
|
30 batang
|
Rp30.000
|
Rp900.000
|
Gelas Plastik + Tutup
|
6000 buah
|
Rp300
|
Rp1.800.000
|
Sedotan
|
6000 buah
|
Rp100
|
Rp600.000
|
Kresek Putih
|
6000 buah
|
Rp5.000/1bungkus isi
100
|
Rp300.000
|
Jumlah
|
|
Rp19.274.500
|
Keterangan
: bahan yang dibutuhkan di atas untuk persedianaan dalam 1 Bulan.
Tabel
1.1 Biaya-Biaya KoCok (Kopi Coklat)
(Biaya
Per Bulan)
Keterangan
|
Biaya
|
|
Biaya Listrik
|
1 bulan
|
Rp50.000
|
Biaya Transportasi
|
1 bulan
|
Rp80.000
|
Stiker+brosur
|
|
Rp500.000
|
Jumlah
|
Rp180.000
|
A. Keuangan Perusahaan
Ringkasan
pengeluaran yang dibutuhkan untuk memulai bisnis
1. Modal awal = biaya tetap + biaya per
bulan
= Rp3.828.000 + (Rp19.274.500+
Rp180.000)
= Rp3.828.000 + Rp19.454.500
= Rp23.282.500 untuk 2 gerobak
2. Biaya total per bulan
Biaya total = biaya
tetap + biaya per bulan
= (Rp3.828.000: 12) + Rp19.274.500
= Rp319.000 + Rp19.274.500
= Rp19.566.500/2 gerobak
(Rp19.566.500 : 2 = Rp9.783.250/ gerobak)
3. Analisis titik impas (break event point)
BEP adalah titik dimana
total biaya sama dengan total penghasilan.
BEP harga = total biaya produksi selama 1 bulan :
produksi
= Rp180.000 + Rp19.274.500
= Rp19.454.500
Harga jual per unit = Rp. 5.000
= Rp9.783.250 : Rp.
5000
= 1.956,65 gelas atau
1974 gelas
Jadi untuk mencapai titik impas maka dalam
1 hari penjualan harus terjual 100 gelas KoCak dengan harga Rp5.000
4. Analisis keuntungan
Pendapatan
: Kopi Coklat (KoCok) terjual x harga jual= 3000 x Rp5.000 = Rp15.000.000
Total biaya produksi
dalam 1 bulan : Rp 19.454.500/2 gerobak atau Rp9.783.250/ gerobak
Keuntungan =
pendapatan – total biaya produksi
=
Rp15.000.000 – Rp9.783.250
=
Rp5.216.750/gerobak atau Rp10.433.500
2.3 Rencana Pemasaran
produk kopi coklat ini akan kami
pasarkan pada khalayak umum, terutama kalangan rrmaja di sekitar kampus stain
kediri dan sekitarnya, yang kami nilai sangat cocok dengan inovasi produk yang
kami berikan.
Deskripsi
produk
Produk kopi coklat yang akan kami
pasarkan yakni adalah minuman campuran antara kopi dan coklat yang nantinya
akan kami berikan varian rasa baru seperti vanila,dan lain lain, yang menurut
kami sangat cocok untuk kaum muda, karena selain produk kami yang bisa dibilang
baru di wilayah stain kediri, rasa dan kualitas penyajianya pun sangat menarik
bagi kalangan remaja
Harga
produk
Produk kopi coklat ini akan kami
jual seharga Rp 5000
Distribusi
produk
Produk kopi coklat ini kami akan
distribusikan pada pembeli dengan menggunakan gerobak dorong, karena kami
menganggap gerobak lebih fleksibel untuk pengusaha pemula, karena selain juga
biaya pembuatan relatif terjangkau, juga dapat berpindah tempat penjualan
sesuai kondisi pasar yang dituju.
2.4 Analisis Lokasi
Pemilihan lokasi usaha memang sangat
penting terhadap kelangsungan dan perkembangan usaha itu sendiri, untuk itu
dalam pemilihan dan penentuan usaha perlu berhati-hati dan harus disesuaikan
dengan usaha yang dijalankan berjalan lancar dan kelangsungan usaha terjamin.
Proses produksi usaha ini akan bertempatan dilingkungan sekitar MTsN 2 Kediri
dan lingkungan sekitar STAIN Kediri, karena tempat ini sangat strategis, di
wilayah tersebut ada kalangan anak-anak sekolahan, kuliah, dan tempat kerja.
Segmentasi yang akan Kami tuju yaitu lebih condong ke anak-anak sekolahan, dan
anak kuliah karena harga yang Kami tawarkan lumayan ringan bagi kalangan
tersebut.
2.5 Rencana Manufaktur
1. Jenis produksi :
Minuman : Kopi coklat
(kocok)
2. Jumlah produksi :
Awal produksi dalam satu
hari kita menjual 100 gelas dalam satu grobak dan kita mempunnyai dua grobak
jadi dalam sehari kita menjual 200 gelas penyajian.
3. Proses produksi :
a. Bahan-bahan yang dibutuhkan :
1) 2 sdm kopi bubuk
2) 30 gram coklat bubuk
3) 4 sdm gula
4) 250 ml air panas
5) 750 ml susu cair
6) Whipped cream
b. Langkah-langkah yang harus dikerjakan :
1) Masukkan kopi , gula , coklat dan air kedalam
suatu wadah. Kemudian aduk sampai semua bahan tercampur rata. Tandanya bisa
dilihat dari bubuk coklat yang sudah terlarut dalam air.
2) Masukkan susu cair sedikit demi sedikit
kedalam wadah seduhan tadi sembari terus diaduk. Lakukan dengan hati-hati
supaya bybyk coklat benra-benra tercampur, tidak menggumpal serta susu tidak
pecah.
3) Setelah dipastikan campuran kopi coklat
itu beres, tuangkan dalam gelas saji seperlunya. Tambahkan whipped cream biar
tampilannya lebih menarik dan rasanya pun semakin kental.
c. Rencana pengembangan dan desain
Dalam proses produksinyamusaha kami mempunyai beberapa rencana
yang bertujuan untuk pengembangan usaha yang akan dilakukan seperti:
1) Menciptakan makanan yang berkualitas
2) Menciptakan jaringan distributor yang
lebih kuat, sehingga mampu menghasilkan laba lebih besar dan usahaakan bisa
berkembang lebih cepat
4) usaha kami juga melayani bagi yang ingin
memesan dalam jumlah besar
Menurut sebuah kelompok keuangan internasional, pertanian merupakan sumber mata pencaharian utama di seluruh dunia, terutama bagi sebagian besar masyarakat miskin yang tinggal di daerah pedesaan di negara berkembang. tantangan utama bagi sebagian besar petani ini adalah akses ke keuangan. kurangnya akses ke keuangan merupakan hambatan utama bagi petani dalam meningkatkan efisiensi produksi mereka dan mengadopsi teknologi yang lebih baik. Jadi, memiliki pemahaman yang lebih baik tentang keuangan pertanian adalah hal yang sangat penting bagi petani atau orang lain yang mungkin berhubungan dengannya dalam kehidupan sehari-hari. agar setelah membaca artikel ini, kita dapat memiliki pemahaman tentang konsep keuangan dan aplikasi praktis keuangan yang penting bagi siapa saja, terutama masalah manajerial penting di bidang pertanian yang melibatkan keuangan. hubungi pedroloanss@gmail.com untuk pinjaman pertanian dan jenis pinjaman lainnya dengan tingkat 2.
BalasHapus