Rabu, 08 November 2017

Hakekat Media Pembelajaran



Hakekat Media Pembelajaran

1.    Hakekat media pembelajaran adalah suatu proses komunikasi yang selalu melibatkan tiga komponen pokok yaitu komponen guru, komponen murid dan komponen materi pembelajaran.[1] Media sendiri memiliki arti perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke penerima pesan. Media adalah bentuk bentuk komunikasi baik tercetak maupun audiovisual serta peralatanya. Media dalam proses pembelajaran cenderung diartikan sebagai alat-alat grafis, fotografis atau elektronik untuk menangkap memproses dan menyusun kembali informasi visual dan verbal.[2] Contoh penggunaan media pembelajaran memberikan kontribusi yang cukup signifikan dalam proses pembelajaran karena membantu memepercepat penyampaian materi ke peserta didik dalam hal ini seperti kulit pisang setalah diadakan nya penelitian dan pembelajaran dikelas siswa mampu menggunakan kulit pisang dengan sedemikian rupa untuk menjadi bahan bakar baterai maka dari itu terjadilah proses pembelajaran serta menggunakan media media pendukung untuk tercapai nya sebuah keilmuan.
2.      Untuk mengembangkan potensi anak perlu dilakukan beberapa usaha yaitu dalam penyelenggaraan pendidikan perlu dihubungkan dengan minat dan bakat siswa yang dikaitkan dengan cita –cita kehidupanya antara lain bimbingan karir, memberikan latihan-latihan praktis, penyusunan kurikulum.[3]
3.      Tipe visual belajar dengan menggunakan cara melihat dalam hal ini seorang siswa memiliki gaya belajar visual cenderung belajar menggunakan hubungan visual (pengelihatan) cara mengembangkan skil dengan menggunakan media cetak seperti buku jurnal dll sebagai media belajar siswa melalui pengelihatan. Serta penjelasan atau kegiatan pembelajaran dengan menggunakan bagan-bagan yang dibuat secara manual dipapan tulis.
Tipe auditorial adalah mengandalkan kemampuan suara saja atau yang berhubungan dengan indera pendengaran dalam proses belajar.
cara mengembangkan skill dengan menggunakan media auditorial  dalam hal ini seperti penjelasan dari guru, mendengarkan suara dari media elektronik sebagai pembelajaran agar meningkatkan kemampuan siswa.
Tipe kinestetik adalah belajar dengan cara bergerak bekerja dan menyentuk dalam tipe ini perlu digunakan gerakan untuk memasukkan informasi kedalam otak siswa. Cara meningkatkan skill siswa dengan menggunakan media media pembelajaran serta melakukan praktek gerakan untuk memudahkan siswa untuk mengerti.[4]
4.      Teknologi merupakan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan manusia untuk melangsungkan kehidupan. Menurut saya teknologi merupakan salah satu hal yang tidak dapat lepas dari kehidupan manusia karena kita juga sudah hidup dizaman yang semakin maju maka dari itu proses keberlangsungan hidup pasti akan membuhkan teknologi. Contoh teknologi sederhana yaitu penggunaan ban untuk delman karena pada zaman dahulu masih menggunakan ban kayu, contoh teknologi tinggi karena ada nya kemajuan ilmu pengetahuan dan banyak nya rasa ingin tahu manusia makan manusia mencipakan sebuah teknologi untuk dapat merambah dunia luar angkasa.


[1] Wina Sanjaya, Media pembelajaran Matematika (Bandung: Alfabeta, 2013) hal: 13
[2] Sadiman dkk, Media Pembelajaran (Bandung: Alfabeta, 2013) hal:6
[3] Dimyati dan Mudjiono, Belajar dan Pembelajaran (Jakarta : Rineka Cipta, 1999)
[4] Budianingsih Asri, Belajar dan pembelajaran (Jakarta: Rineka Cipta,2005)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semoga Manfaat