Kamis, 09 November 2017

MAKALAH RENCANA BISNIS WARUNG CLUB COFFEE



 Mata Kuliah Pengantar Manajemen

RENCANA BISNIS
WARUNG HURAIRAH  CLUB COFFEE

A.    RINGKASAN EKSEKUTIF
Hurairah Club Cofee adalah konsep warung khusus kopi yang di desain untuk diminum dalam keadaan panas dan dingin yang dibuat dari bahan-bahan kopi asli dari biji kopi terpilih dan beragam. Hurairah Club Coffee menawarkan pengalaman (experience) minum kopi dengan atmosfir kedai kopi yang nyaman untuk menikmati minum kopi menjadi sesuatu yang menyenangkan. Konsep ini dibuat  sedikit berbeda dengan kedai kopi yang saat ini ada di Indonesia.
Hurairah Club Coffee menawarkan pelanggannya ramuan berbagai macam kopi berkualitas seperti Cappuccino , mocha , dan vanilla. Minuman tersebut disajikan oleh “Barista” terlatih dengan keahliannya. Barista akan menyajikan minuman-minuman tersebut dengan mencampur kopi dengan susu murni, susu coklat dan cita rasa lainnya atau whiped cream dalam berbagai variasi tergantung tipe minuman yang dipesan. Sebagai pelengkap menu kopi, Warung Hurairah Club Coffee juga menyajikan berberapa menu pendamping seperti Omelette dan Spaghetti .
Warung Hurairah Club Coffee yang pertama akan di buka di Kediri , yang akan berada di Ruko yang dekat dengan Permukiman dan sekolah. Meskipun kedai kopi sejenis agresif mengisi kota-kota besar di Indonesia, pada dasarnya masih terdapat peluang bagi kedai-kedai kopi kecil untuk masuk pasar ini. Hal ini terbukti dengan eksisnya beberapa kedai kopi lain.
Peluang membuka Warung Hurairah club Coffee ditempat dekat dengan permukiman, jalan raya dan Kampus masih sangat terbuka, karena bagi masyarakat kota atau desa, minum kopi bersama sudah menjadi kebutuhan. Semua orang menyukai kopi dan suasana minum kopi yang relax, lepas dan informasi yang dinikmati sambil ngobrol, chatting/browsing internet, rapat kecil atau diskusi. Lebih dari itu kedai kopi sudah menjadi tempat yang strategis untuk membuat kesepakatan dan negosiasi bisnis atau tempat untuk menghabiskan waktu menunggu jam-jam macet di ibukota.
Elemen-elemen utama yang ditawarkan dan membedakan antara Warung Hurairah club
 Coffee dengan kedai kopi pada umumnya adalah:
1.    Produk yang berkualitas, dari biji-biji kopi pilihan, bahan-bahan asli dari Indonesia.
2.    Layanan konsumen yang prima.
3.    Metode pemasaran yang unik.
4.    Lokasi gerai yang nyaman.
5.    Desain dan atmosfir gerai yang cozy dan hangat.
Tahap awal dari Rencana Bisnis ini adalah membuka gerai seluas 30M², namun target jangka panjang adalah ekspansi agresif ke seluruh tempat dengan pangsa pasar menengah kebawah.
B.     LATAR BELAKANG PERUSAHAAN
Warung Hurairah Club Coffee adalah konsep kedai kopi yang didasarkan pada minunam kopi yang terpilih dari biji-biji kopi pilihan Indonesia dan beragam. Warung Coffee menawarkan pengalaman minum kopi dengan menciptakan atmosfir untuk menikmati minuman.
Kedai ini akan pertama kali dibuka di Kediri dan akan dikembangkan di beberapa kota besar lainnya Jika sudah mencapai target yang di inginkan. Rencana jangka pendek Warung Hurairah Club Coffee akan mendirikan gerai pertama seluas kurang dari atau sama dengan 30 m2 di Kediri tepatnya di Jalan Raya Ngronggo kota kediri. Rencana jangka menengah Warung Hurairah Club Coffee akan melakukan strategi ekspansi di Kediri (dengan menambah dua gerai). Sementara itu, rencana jangka panjang Warung Hurairah Club Coffee adalah menjadi salah satu kedai kopi terkemuka dan juga berada di kota-kota besar lainnya dengan melalui franchise.
Manajemen Warung Coffee ingin menekankan bahwa peluang membuka kedai kopi di mal dan gedung-gedung, di Dekat kampus , permukiman, masih sangat terbuka, hal ini karena minum kopi di kedai kopi bagi banyak orang sudah menjadi kebutuhan. Semua orang menyukai minuman dan susana di kedai kopi. Minum kopi di kedai kopi khusus telah menjadi gaya hidup di semua kalangan.

C.    TIM MANAJEMEN
1.      Owner: Luci Andriana
2.      Manajer: Siti Solekah
3.      Barista: Nurfaridha Firdausy
4.      Coffee Roaster: Alfina Kurniawati
5.      Waiter/Waitress: Aisya Dewi Saraswati
6.      Koki:Dwi Yuana
D.    RENCANA KEUANGAN
Uraian
Persentase (%)
(a)
(b)
1. Modal Kelompok
70%
213,780,000
2. Pinjaman
30%
91,620,000
Jumlah (1+2)
100%
305,400,000










Asumsi Penjualan
to-2Rev
Kebutuhan Pembiayaan/Modal Investasi
Uraian
Banyaknya
Harga/Unit
Jumlah
(1)
(2)
(3 = 1 x 2)
Sewa Ruko
12 Bulan
3,000,000
36,000,000
Coffee Machine
1
10,000,000
10,000,000
Coffee Maker
1
10,000,000
10,000,000
Lemari Pendingin
1
5,000,000
5,000,000
Dispenser
1
750,000
750,000
Blender
2
1,000,000
2,000,000
Kompor Gas
2
500,000
1,000,000
Microwave
1
2,000,000
2,000,000
Mesin Kasir
1
7,000,000
7,000,000
Komputer
2
5,000,000
10,000,000
Meja Kasir
1
750,000
750,000
Kursi
16
100,000
1,600,000
Meja
8
150,000
1,200,000
Sofa
6
1,000,000
6,000,000
Jumlah
-
-
93,300,000

Kebutuhan Pembiayaan/Modal Kerja
Uraian (Bahan Per bulan)
Banyaknya
Harga/Unit
Jumlah
(1)
(2)
(3 = 1 x 2)
Bahan Baku (Biji Kopi) / Kgs / Bulan
20
70,000
1,400,000
Persediaan Bahan (Biji Kopi) / Kgs/ Bulan
10
70,000
700,000
Bahan Baku (Spaghetti) / Pax / Bulan
10
30,000
300,000
Persediaan Bahan (Spaghetti) / Pax / Bulan
5
30,000
150,000
Uang Kas
-
-
3,000,000
Jumlah
-
-
5,550,000


Analisa Biaya Tetap

Uraian
Banyaknya
Harga/Unit
Jumlah
(1)
(2)
(3 = 1 x 2)
Gaji / Orang
4
3,000,000
12,000,000
Biaya Pemasaran
1 Tahun
-
1,000,000
Biaya Lainnya
-
-
500,000
Jumlah
-
-
13,500,000


E.     RENCANA PEMASARAN
1.        Jenis Barang / Jasa yang dijual
Dalam usaha warung Hurairah Club coffee ini yang kami jual adalah berbagai jenis minuman yang tentunya terbuat dari bahan dasar coffee dan juga beberapa makanan untuk menu pendamping .
2.        Keunggulan produk dibanding yang lain
Keunggulan dari ‘Warung Hurairah Club coffee’ yaitu “Harga dan pelayanan, harga produk kami lebih murah dari kedai kopi sejenis dengan produk dan kualitas yang  sama. Dan dengan pelayanan yang sangat ramah dan aktif melayani pelanggan
3.        Target Pembeli (Kelas Pembeli)
Warung Hurairah Club coffee akan dipasarkan kepada semua kalangan. Gerai akan berlokasi di tempat yang mudah dijangkau oleh semua kalangan menengah kebawah dan pelajar / mahasiswa. Warung Coffee berharap tingkat pembelian ulang konsumen cukup tinggi. Selain itu juga diharapkan sekitar 75% pesanan melalui take away.
4.    Segmentasi berdasarkan demografis
1.    Umur : ≥ 15 – 40 tahun
5.   Segmentasi berdasarkan psikografis
1.     Gaya hidup :  Sederhana
2.     Kelas sosial : Kelas bawah sampai kelas menengah
6.   Daerah Penjualan (Kota / Negara)
Daerah penjualan Warung Hurairah Club Coffe ini berada di Kediri tepatnya di Jalan Panglima Polim
7.    Kondisi Pasar
Salah satu ciri perilaku konsumen di Indonesia, khususnya masyarakat perkotaan adalah suka berkumpul dengan teman, kerabat maupun rekan kerjanya. Tempat berkumpul umumnya adalah kafe, fitness center, arisan dan lain sebagainya. Itu sebabnya fasilitas-fasilitas seperti itu banyak didirikan sebagai tanggapan atas perilaku konsumen yang demikian, Perilaku suka berkumpul merupakan ciri atau indikator bahwa masyarakat Indonesia memiliki kehidupan sosial yang kuat.

8.    Potensi Pembeli
Potensi pembeli di sekitar warung Hurairah Club coffee sangat potensial untuk bisa membeli produk yang ada di warung coffee ini dikarenakan lokasi yang memang strategis , dan warung coffee ini ditujukan untuk semua kalangan yang menyukai kopi.

9.    Permintaan
Warung Cofee  menyediakan menu minuman yang sesuai dengan selera pesanan pelanggan dengan menawarkan menu minuman kopi yang bervariatif. Warung Hurairah Club Coffee berusaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan pelayanan yang baik.
Lokasi : Warung Coffee ini berada di kawasan pertokoan dan berdekatan dengan kawasan perkantoran lokasinya juga tidak jauh dari jalan yang dilalui kendaraan.
Jumlah Penduduk Kota Kediri: kurang lebih 1.554.358 jiwa.
Segmentasi berdasarkan geografis :
a. Propinsi : Jawa Timur
b. Kota : Kediri
c.  Daerah Tujuan Masyarakat yang tinggal di Kediri

10.   Penawaran
Kapasitas Pesaing Utama : Kapasitas dari pesaing utama sangat besar dan kompetitif untuk itu kami berusaha untuk melakukan planning yang baik dalam usaha bisnis warung coffee ini.
Rencana Penjualan : Untuk penjualan sendiri karena warung coffee ini berbasis usaha franchise kami memulai dari satu franchise kemudian bila bisnis usaha ini semakin berkembang kami akan membuka beberapa cabang.
Pangsa Pasar : Pangsa pasar kita ditujukan untuk kalangan menengah kebawah yang menyukai minuman berbahan dasar kopi.
11.   Pemasaran
Pemasaran (product, price, promotion, dan place) :
Hal yang perlu diperhatikan dalam marketing mix Warung Coffee adalah dengan memperhatikan strategi 4P, yaitu product, price, promotion, dan place.
1. Strategi product.
Strategi product dapat dilakukan dengan menggunakan jenis kopi yang baik dan berkualitas. Menjual produk dengan berbagai jenis kopi yakni kopi Cappucino, Moccachino, Vanilla Coffe Latte, dan didukung menu makanan pendampingnya.
2. Strategi price.
Strategi harga dilakukan dengan memberikan potongan harga untuk setiap pembelian makanan dan minuman yang telah menjadi harga gabungan antara keduanya.  Kedai Kopi Medan melakukan strategi harga, yaitu:
-        Single Price    
Single price adalah harga minuman dan makana per unit.
-        Bundel Price
Bundel price adalah harga yang dijadikan lebih murah oleh gabungan 2 harga yang berbeda.
3. Strategi promotion.
Dilakukan dengan penjualan secara langsung pada konsumen, menyebarkan brosur, dan pemasaran melalui media online.
4. Strategi place.
Strategi place dilakukan dengan membuka Warung Coffee yang dekat dengan konsumen dan lokasi yang strategis sehingga produk mudah untuk dicari konsumen.

F.     ANALISIS LOKASI
Berbeda dengan umumnya kedai kopi, gerai Warung Coffee berlokasi di kawasan pertokoan dan berdekatan dengan sekolah lokasinya juga tidak jauh dari jalan yang dilalui kendaraan

G.    RENCANA MANUFAKTOR
1.    PRODUKSI
Tanah
Untuk tanah yang akan dijadikan warung coffee ini berukuran 30M² .
Bangunan
Bangunan yang dipakai untuk mendirikan warung coffee ini seperti bentuk ruko yang didesain layaknya café tetapi lebih minimalis .
Mesin dan peralatan
Alat-alat yang dibutuhkan dalam proses pembuatan kopi :
-             Coffee Machine yaitu alat pembuat bubuk kopi .
-            Coffee Maker yaitu alat yang dipakai untuk mencapur bahan dasar kopi .
-             Blender (khusus untuk membuat Ice coffee) .
-             Cangkir (untuk hot coffee) .
-             Gelas Pelastik (khusus ice coffee) .
Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan kopi :
-             Biji Kopi (bahan dasar) .
-             Susu , Caramel , Gula , Sirup , Cokelat , Es Batu .
Proses Pengolahan :
-             Memilih biji kopi yang berkualitas .
-             Memanggang biji kopi .
-             Menggiling biji kopi dengan Coffee Machine .
-            Memasukan biji kopi yang sudah digiling tersebut kedalam Coffee Maker untuk diproses sesuai dengan pesanan .
Alat-alat yang dibutuhkan dalam proses pembuatan makanan :
-             Kompor gas .
-             Alat Masak seperti tempat penggorengan , teflon , panci , microwave .
Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan makanan :
-             Bahan Dasar seperti Spaghetti , Telur , Jamur , Daging , Kentang .
-             Bahan Pelengkap seperti bumbu masak , cream , susu , keju , saus.
H.    APPENDI(LAMPIRAN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semoga Manfaat