Senin, 06 November 2017

Makalah Nikah



Makalah Nikah, Mata Kuliah Praktik Ibadah

 BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pernikahan adalah suatu ikatan yang dapat menyatukan dua insan antara laki-laki dan perempuan untuk hidup bersama. Tetapi untuk melaksanakan pernikahan ada rukun syarat yang harus dipenuhi. Karena rukun dan syarat mempengaruhi suatu hokum. Terutama yang menyangkut perbuatan sah tidaknya perbuatan tersebut dari segi hukum. Keduanya mengandung arti yang sama dalam hal bahwa keduanya merupakan suatu arti yang harus di adakan.
Dalam suatu perkawinan umpamanya rukun dan syaratnya tidak boleh tertinggalkeduanya harus lengkap. Dalam perkawinan harus ditetapkan mana yang dinamakan rukun dan mana yang dinamakan syarat tetapi para ulama berpendapat bahwasannya hal yang terlibat dan harus ada dalam suatu perkawinan adalaha salah satunya yaitu akad nikah.
Dan dalam pernikahan biasanya terdapat khutbah nikah. Khutbah nikah dalam pernikahan boleh dilakukan ataupun boleh tidak digunakan. Karena, khutbah nikah itu  tidak bersifat wajib dalam pernikahan.
Dalam makalah ini pemakalah akan menjelaskan mengenai tentang khutbah nikah dalam pernikahan.
Rumusan Masalah
1.      Apakah yang dimaksud dengan pernikahan?
2.      Bagaimana hokum dalam pernikahan?
3.      Apa saja yang termasuk hokum dan syarat nikah?
4.      Apa sajakah yang termasuk kesunahan dalam pernikahan?
5.      Bagaimana pelaksanaan akad nikah?
Tujuan Permasalahan
1.      Untuk mengetahui yang dimaksud dengan pernikahan.
2.      Untuk mengetahui hokum dalam pernikahan.
3.      Untuk mengetahui hokum dan syarat dalam pernikahan.
4.      Untuk mngtahui kesunahan dalam pernikahan.
5.      Untuk mengetahui pelaksanaan akad nikah.





BAB II
PEMBAHASAN
A.      Definisi Nikah
Nikah secara bahasa artinya berkumpul. Sedangkan menurut istilah, nikah adalah akad yang menjadi perantara diperbolehkannya bersetubuh dengan menggunakan kata nikah, tazwij, atau terjemahannya.[1]
B.       Hukum Nikah
Nikah adalah sunnah Rasul yang perinciannya sebagai berikut:
1.    Bagilaki-laki:[2]
a.       Sunnah, bagi orang yang sudah mempunyai hasrat, dan mampu menanggung biaya pernikahan, sepertihalnya mas kawin dan nafkah.
b.      Khilaf al-Aula (tidak sesuai dengan hukum yang utama), bagi orang-orang yang mempunyai hasrat nikah, tetapi tidak mempunyai biaya.
c.       Makruh, bagi orang yang tidak mempunyai hasrat menikah, dantidakmempunyaibiaya, ataumempunyaibiayanamundiasudahpikun, atau sakit seperti impoten.
d.      Wajib, bagi orang yang mempunyai biaya serta khawatir akan melakukan zina. Atau orang yang mempunyai hasrat, serta mampu menanggung biaya pernikahan dan mempunyai nadzar akan melakukan nikah.
e.       Haram, bagi orang yang tidak biasa melaksanakan kewajiban bagise orang suami.
2.    Bagi wanita:[3]
a.       Sunnah, bagi wanita yang mempunyai hasrat, atau butuh lelaki yang bias mengayominya.
b.      Makruh, bagi wanita yang tidak mempunyai hasrat.
c.       Haram, bagi wanita yang tidak mampu melaksanakan kewajiban sebagi seorang istri.
d.      Wajib, bagi wanita yang terancam kehormatannya dan hanya bias ditolak dengan nikah.
C.      Rukun dan Syarat Nikah
Nikah memiliki lima rukun yang masing-masing memiliki syarat tersendiri, sebagai mana berikut ini:
1.    Calon mempelai laki-laki, dengan syarat:[4]
a.       Islam
b.      Bukan mahrom bagiwanita yang hendak dinikahi
c.       Bukan muhrim
d.      Bukan orang yang dipaksa, selain paksaan yang diperbolehkan oleh syara’
e.       Sudah tertentu, dalamar tidak sebagaimana menyebut kandug orang lelaki tanpa terlebih dahulu menentukan salah satu dari keduanya
f.        Mengetahui nama nasab dan status calon istri
g.      Jelas sifat prianya, sehingga tidak sah menikah dengan khuntsamusykil
2.    Calon mempelai wanita, dengan syarat:
a.       Islam atau kafir kitabi
b.      Bukan mahrom bagi laki-laki yang hendak dinikahi
c.       Bukan muhrim
d.      Sudah tertentu
e.       Jelas sifat wanitanya
f.        Tidak dalam ikatan nikah atau‘iddah dari suami pertama
3.    Shighot[5]
Dalam shighot nikah harus memenuhi beberapa syarat sebagai berikut:
a.       Adanya ijab dari wali calon mempelai wanita secara jelas dan tidak boleh dengan cara kinayah. Pelaksanaan ijab bias dilakukan oleh walinya sendiri atau diwakil kan kepada orang lain. Berikut conto hijab yang dilakukan sendiri oleh wali calon mempelai perempuan:
بسم الله الرحمن الرحيم. الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين أما بعد: أوصيكم عبادالله وإياي بتقوى الله أزوِّجك على ما أمر الله به من إمساك بمعروف أو تسريح بإحسان، وأحل الله لكم النِّكاح وحرَّم عليكم السِّفاح، يا زيد أنكحتك بنتي ليلى بمهر ألف روبية حالا او مؤجّلا.
Atau diwakilkan kepada orang lain, maka ijabnya sebagimana berikut ini:[6]
بسم الله الرحمن الرحيم. الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على أشرف الأنبياء والمرسلين سيدنا محمد وعلى آله وصحبه أجمعين أما بعد: أوصيكم عبادالله وإياي بتقوى الله أزوِّجك على ما أمر الله به من إمساك بمعروف أو تسريح بإحسان، وأحل الله لكم النِّكاح وحرَّم عليكم السِّفاح، يا زيد أنكحتك بنتي ليلى بنت أحمد موكلى بمهر ألف روبية حالا او مؤجّلا.
b.      Adanya qobul dari calon mempelai laki-laki, bias dilakukan sendiri maupun diwakilkan kepada orang lain.
c.       Harus muttashil antara ijab dan qobul
d.      Tidak boleh dita’liqkan
e.       Tidak dibatasi dengan waktu.
4.    Wali
Sebagaimana yang kitaketahui, bahwa pernikahan tidak akan sah tanpa diakadi oleh seorang wali dari pihak mempelai perempuan atau orang yang dijadikan wakil olehwali. Oleh karenaitu, syara’ telah member kan persyaratan yang harus dipenuhi oleh seorangwali, yaitu: Islam, baligh, berakal, merdeka, laki-laki, danadil.[7]
5.    Dua orang saksi
Suatu akad nikah dianggap sah apabila disaksikan oleh minimal dua orang saksi laki-laki. Sedangkan syarat dua orang yang dapat dijadikan saksi nikah sama dengan persyaratan yang ada dalam syarat walinikah.[8]

D.      Kesunahan yang Berkaitan dengan Nikah
1.      Memilih wanita sholihah, keturunan orang baik-baik, rupawan, kaya, perawan, dan ada harapan mampu memberikan banyak keturunan (walud).
2.      Calon mempelai laki-laki melihat wajah dan telapak tangan calon mempelai perempuan disaat khitbah.
3.      Pihaklaki-laki member wejangan kepada pihak perempuan sebelum dilamar dan sebelum akad nikah.[9]
E.       Pelaksanaan Akad Nikah
1.      Sebelum pelaksanaan akad nikah dimulai, terlebih dahulu bangku atau mejadi disiapkan dan diletakkan di tengah ruangan.
2.      Setelah semua siap di tempatnya masing-masing, MC bias memulai membuka acara akad nikah dengan susunan acara sebagai berikut:
a.       Pembukaan
b.      Pembaca anayat suci al-Qur’an
c.       Khutbah nikah
d.      Akad nikah
e.       Do’a/penutup.
3.      Setelah selesai acara pembukaan dan pembacaan ayat suci al-Qur’an, dilanjutkan dengan membaca khutbah nikah, yang berbunyi:
بسم الله الرحمن الرحيم. الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالـَمـِيـْنَ الْمَحْمُوْدِ بِنِعْمَتِهِ الْمَعْبُوْدِ بِقُدْرَتِهِ الْمُطَاعِ بِسُلْطَانِهِ الْمَرْهُوْبِ من عذابه وسطْوته النَّافذِ امْرُهُ فى سماعه وأرضه الذى خلق الخلق بقدرته وميَّزهم بأحكامه وأعزَّهم بدينه وأكرمهم بنبيِّه صلى الله عليه وسلم: إنَّ الله تبارك اسمه وتعالت عظمته جعل المصاهرة سببا لاحقا وأمرا مفترضا أوشج به الأرحام وألْزم الأنام فقال عزَّ منْ قائل: وهو الذى خلقم من الماء بشرا فجعله نسبا وصهرا وكان ربُّك  قديرا، فأمْرالله يجرى على قضائه وقضاؤه يجرى على قدره ولكلِّ قضاء قدْر ة ولكل قدر أجل ولكل أجل كتاب يمحو الله ما يشآء ويثبت وعنده أمُّ الكتاب. إن الحمد لله نحمده ونستعينه ونستغفروه ونعود بالله من شرور أنفسنا ومن سيِّئات أعمالنا مَن يهد الله فلا مضل له ومن يضلل فلا هادي له وأشهد أن محمدا عبده ورسوله صلى الله عليه وسلم وعلى آله وأصحابه يآأيها الّذين آمنوا اتّقوا الله حق تقاته ولا تموتنّ إلا وأنتم مسلمون، يآأيها النّاس اتّقوا ربّكم الّذى خلقكم منْ نفس واحدة وخلق منها زوجها وبثَّ منهما رجالا كثيرا ونسآء واتَّقوا الله  الّذى تسآءلون به والأرحام إنَّ الله كان عليكم رقيبا، يآأيُّها الَّذين آمنوا اتَّقوا الله وقولوا قولا شديدا يصلح لكم أعمالكم ويغفر لكم ذنوبكم ومن يطع الله ورسوله فقد فاز فوزا عظيما. أمَّا بعد : فإنَّ الأمور كلُّها بيد الله يقضى فيها مايشآء ويحكم مايريد لامؤَخِّرلـماقدَّم ولامقدِّم لـما أخَّر ولايجْتمع إثنان ولايفترقان إلاَّ بقضآء وقدر وكتاب من الله قد سبق أقول قولى هذا وأستغفرالله العظيم لى ولكم ولوالديَّ ولمشايخى ولسآئر المسلمين فاستغفروه إنَّه هو الغفور الرَّحيم.[10]
4.      Setelah selesai membaca khutbah nikah biasanya petugas catatan sipil atau penghulu bertanya kepada mempelai laki-laki tentang statusnya, bentuk dan jumlah mas kawinnya dan lain sebagainya. Setelah semuanya selesai, baru acara akad nikah bias dimulai. Bagi siapa saja yang akan mengakadi disunah kan membaca:
أزوِّجك على ماأمر الله به عزَّ وجلَّ من إمساك بمعروف أو تسريح بإحسان.
Kemudian orang yang mengakadi biasanya menyuruh mempelai laki-laki membaca syahadat.
5.      Kemudian dilanjutkan prosesi ijab qobul, dengan dialog sebagai mana berikut:
المزوج : أنكحتك وزوجتك فلانة بنت فلان موليتي بمهر ألف روبية حالا.
الزوج  : قبلت نكاحها وتزويجها لنفسي بمهر المذكر حالا.
6.      Setelah ijab qobul selesai dilakukan, dua orang saksi dapat menyatakan sah atau tidaknya akad tersebut. Apabila sah, maka diteruskan dengan acara do’a sebagai penutup.
7.      Setelah akad nikah dipastikan keabsahannya, kemudian salah seorang yang berada dalam majlis akad berdo’a, sebagai mana berikut ini:
بسم الله الرحمن الرحيم. الحمد لله رب العالمين حمدا يوافي نعمه ويكافئ مزيده، يا ربنا لك الحمد كما ينبغي لجلال وجهك وعظيم سلطانك، اللهم هذا العرس وزوجته مودة ورحمة وألف بينهما كما ألفت بين آدم وحواء وألف بينهما كما ألفت بين يوسف وزليخاء وألف بينهما كما ألفت بين سيدنا محمد وسيدتنا خديجة الكبرى، اللهم بارك لهما وارزقهما رزقا حسنا حلال طيبا نافعا مباركا في عمرهما ودينهما ودنياهما وآخرتهما وارزقهماذرية صالحة مباركا، اللهم ربنا هب لنا من أزواجنا وذريتنا قرة أعين واجعلنا للمتقين إماما، ربنا آتينا في الدنيا حسنة وفي الآخيرة حسنة وقنا عذاب النار، وصلى الله على سيدنا محمد وعلى آله وصحبه وسلم تسليما كثيرا والحمد لله رب العالمين.






BAB III
PENUTUP
A.   Kesimpulan
Nikah secara bahasa adalah berkumpul. Sedangkan secara istilah nikah adalah suatu akad yang menjadi perantara diperbolehkannya bersetubuh dengan menggunakan kata nikah, tazwij, atau terjemahannya.
Hukum awal nikah adalah sunnah Rasul. Di dalam pelaksanaan akad nikah harus memenuhi rukun-rukun nikah yaitu: Adanya calon mempelai laki-laki, adanya calon mempelai perempuan, shighot, wali, dandua orang saksilaki-laki.
Selain harus memenuhi rukun-rukunnya, nikah juga memeliki kesunahan, diantaranya: Memilih wanita sholihah, calon mempelai laki-laki melihat wajah dan telapak tangan calon mempelai perempuan, dan pihak laki-laki member wejangan kepada pihak mempelai perempuan sebelum melamar dan sebelum akad nikah. Tata cara pelaksanaan akad nikah sebagaimana berikut ini:
1.    Sebelum pelaksanaan akad nikah hendaknya segala sesuatunya dipersiapkan terlebih dahulu seperti tempat akad nikah, dan lain sebagainya.
2.    Setelah semua persiapan selesai, MC membuka acara akad nikah dengan susunan acara sebagai berikut: Pembukaan, pembacaan ayat suci al-Qur’an, khutbah nikah, akadnikah, dan do’a/penutup.
3.    Selesai acara pembukaan dan pembacaan ayat suci al-Qur’an, dilanjutkan khutbah nikah.
4.    Kemudian penghulu atau petugas catatan sipil bertanya kepada calon mempelai laki-laki tentang status, bentuk, danjumlah mas kawinnya.
5.    Kemudian dilanjutkan prosesi ijab qobul.
6.    Setelah ijab qobul selesai dilakukan, dua orang saksi laki-laki dapat menyatakan sah atau tidaknya akad tersebut.
7.    Setelahdinyatakankeabsahannya, kemudiandilanjutkando’a.



DAFTAR PUSTAKA
Ahmad Rofiq, Hukum Islam di Indonesia, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2002),
Al-Bajuri, Ibrohim. Hasyiyah al-Bajuri (Surabaya: Al-Hidayah, tt). II.
Al-Bujairomi, Sulaiman. Hasyiyah al-Bujairomi ala al-Khotib (Bairut: Dar al-Fikr, tt). III.
Al-Jamal, Sulaiman. Hasyiyah al-Jamal (Bairut: Dar al-Fikr, tt). IV.
Al-Jawi, Muhammad Nawawi. Nihayah al-Zain (Surabaya: AL-Hidayah, tt).
Al-Malibari, Zainuddin. Fath al-Mu’inHamisiI’anah at-Tholibin (Surabaya: Al-Hidayah, tt). II.
M. Syatho’, Sayyid Bakri bin Sayyid, I’anah al-Tholibin (Surabaya: Al-Hidayah, tt). III.
TeamPenyusunBuku Madrasah HidayatulMubtadi-ien, Buku Panduan PraktekIbadah (Lirboyo: Madrasah HidayatulMubtadi-ien, 2004).


[1]Zainuddin al-Malibari, Fathu al-Mu’inHamisiI’anah at-Tholibin (Surabaya: al-Hidayah, tt), II, 255.
[2]Sulaiman al-Jamal, Hasyiyah al-Jamal (Beirut: Dar al-Fikr, tt), IV, 44.
[3]Sulaiman al-Bujairomi, Hasyiyah al-Bujairomi ala al-Khotib (Bairut: Dar al-Fikr, tt), III, 360.
[4]Ibrohim al-Bajuri, Hasyiyah al-Bajuri (Surabaya: Al-Hidayah, tt), II, 100-101.
[5]Muhammad Nawawi al-Jawi, Nihayah al-Zain (Surabaya: Al-Hidayah, tt), 300-301.
[6]Sayyid Bakri bin Sayyid M. Syatho’, I’anah al-Tholibin (Surabaya: Al-Hidayah, tt), III, 323-324.
[7] Ahmad Rofiq, Hukum Islam di Indonesia, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2002), 69.
[8]Team PenyusunBuku Madrasah HidayatulMubtadi-ien, Buku Panduan PraktekIbadah (Lirboyo: Madrasah HidayatulMubtadi-ien, 2004), 101.
[9]Muhammad Nawawi al-Jawi, Nihayah al-Zain (Surabaya: Al-Hidayah, tt), 307-308.
[10]Sayyid Bakri bin Sayyid M. Syatho’, I’anah al-Tholibin (Surabaya: Al-Hidayah, tt), III, 267.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semoga Manfaat