Hakekat Media Pembelajaran
1.
Hakekat media pembelajaran adalah suatu
proses komunikasi yang selalu melibatkan tiga komponen pokok yaitu komponen
guru, komponen murid dan komponen materi pembelajaran.[1]
Media sendiri memiliki arti perantara atau pengantar pesan dari pengirim ke
penerima pesan. Media adalah bentuk bentuk komunikasi baik tercetak maupun
audiovisual serta peralatanya. Media dalam proses pembelajaran cenderung
diartikan sebagai alat-alat grafis, fotografis atau elektronik untuk menangkap
memproses dan menyusun kembali informasi visual dan verbal.[2]
Contoh penggunaan media pembelajaran memberikan kontribusi yang cukup
signifikan dalam proses pembelajaran karena membantu memepercepat penyampaian
materi ke peserta didik dalam hal ini seperti kulit pisang setalah diadakan nya
penelitian dan pembelajaran dikelas siswa mampu menggunakan kulit pisang dengan
sedemikian rupa untuk menjadi bahan bakar baterai maka dari itu terjadilah
proses pembelajaran serta menggunakan media media pendukung untuk tercapai nya
sebuah keilmuan.
2.
Untuk mengembangkan potensi anak perlu dilakukan
beberapa usaha yaitu dalam penyelenggaraan pendidikan perlu dihubungkan dengan
minat dan bakat siswa yang dikaitkan dengan cita –cita kehidupanya antara lain
bimbingan karir, memberikan latihan-latihan praktis, penyusunan kurikulum.[3]
3.
Tipe visual belajar dengan menggunakan cara melihat
dalam hal ini seorang siswa memiliki gaya belajar visual cenderung belajar
menggunakan hubungan visual (pengelihatan) cara mengembangkan skil dengan
menggunakan media cetak seperti buku jurnal dll sebagai media belajar siswa
melalui pengelihatan. Serta penjelasan atau kegiatan pembelajaran dengan menggunakan
bagan-bagan yang dibuat secara manual dipapan tulis.
Tipe auditorial adalah mengandalkan kemampuan suara
saja atau yang berhubungan dengan indera pendengaran dalam proses belajar.
cara mengembangkan skill dengan menggunakan media
auditorial dalam hal ini seperti
penjelasan dari guru, mendengarkan suara dari media elektronik sebagai
pembelajaran agar meningkatkan kemampuan siswa.
Tipe kinestetik adalah belajar dengan cara bergerak
bekerja dan menyentuk dalam tipe ini perlu digunakan gerakan untuk memasukkan
informasi kedalam otak siswa. Cara meningkatkan skill siswa dengan menggunakan
media media pembelajaran serta melakukan praktek gerakan untuk memudahkan siswa
untuk mengerti.[4]
4.
Teknologi merupakan sarana untuk menyediakan
barang-barang yang diperlukan manusia untuk melangsungkan kehidupan. Menurut
saya teknologi merupakan salah satu hal yang tidak dapat lepas dari kehidupan
manusia karena kita juga sudah hidup dizaman yang semakin maju maka dari itu
proses keberlangsungan hidup pasti akan membuhkan teknologi. Contoh teknologi
sederhana yaitu penggunaan ban untuk delman karena pada zaman dahulu masih
menggunakan ban kayu, contoh teknologi tinggi karena ada nya kemajuan ilmu
pengetahuan dan banyak nya rasa ingin tahu manusia makan manusia mencipakan sebuah
teknologi untuk dapat merambah dunia luar angkasa.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Semoga Manfaat