Mata Kuliah Pengantar Manajemen
RENCANA
BISNIS
WARUNG
HURAIRAH CLUB COFFEE
A. RINGKASAN
EKSEKUTIF
Hurairah Club Cofee adalah
konsep warung khusus kopi yang di desain untuk diminum dalam keadaan panas dan
dingin yang dibuat dari bahan-bahan
kopi asli dari biji kopi terpilih dan beragam. Hurairah Club Coffee menawarkan pengalaman (experience) minum kopi dengan atmosfir
kedai kopi yang nyaman untuk
menikmati minum kopi menjadi sesuatu yang menyenangkan. Konsep ini dibuat sedikit berbeda
dengan kedai kopi yang saat ini ada di Indonesia.
Hurairah Club
Coffee menawarkan pelanggannya ramuan berbagai macam kopi
berkualitas seperti
Cappuccino
,
mocha ,
dan vanilla. Minuman tersebut disajikan oleh “Barista” terlatih dengan
keahliannya. Barista akan menyajikan minuman-minuman tersebut dengan mencampur kopi dengan susu murni, susu
coklat dan cita rasa lainnya atau whiped
cream dalam berbagai variasi tergantung tipe minuman yang dipesan. Sebagai
pelengkap menu kopi, Warung Hurairah Club Coffee
juga menyajikan berberapa menu
pendamping seperti Omelette dan Spaghetti .
Warung Hurairah
Club Coffee yang pertama akan di buka di Kediri , yang akan berada di Ruko yang dekat dengan Permukiman dan sekolah. Meskipun
kedai kopi sejenis
agresif mengisi kota-kota besar di Indonesia, pada dasarnya masih terdapat
peluang bagi kedai-kedai kopi kecil untuk masuk pasar ini. Hal ini terbukti
dengan eksisnya beberapa kedai kopi lain.
Peluang membuka Warung Hurairah club
Coffee ditempat dekat dengan permukiman, jalan raya dan Kampus masih sangat
terbuka, karena bagi masyarakat kota atau desa, minum kopi bersama sudah
menjadi kebutuhan. Semua orang menyukai kopi dan suasana minum kopi yang relax,
lepas dan informasi yang dinikmati sambil ngobrol, chatting/browsing internet, rapat kecil atau diskusi. Lebih dari
itu kedai kopi sudah menjadi tempat yang strategis untuk membuat kesepakatan
dan negosiasi bisnis atau tempat untuk menghabiskan waktu menunggu jam-jam
macet di ibukota.
Elemen-elemen utama yang ditawarkan dan
membedakan antara Warung Hurairah
club
Coffee dengan kedai kopi
pada umumnya adalah:
1. Produk yang berkualitas, dari biji-biji
kopi pilihan, bahan-bahan asli dari Indonesia.
2. Layanan konsumen yang prima.
3. Metode pemasaran yang unik.
4. Lokasi gerai yang nyaman.
5. Desain dan atmosfir gerai yang cozy dan hangat.
Tahap awal dari Rencana Bisnis ini
adalah membuka gerai seluas 30M², namun target jangka panjang adalah ekspansi
agresif ke seluruh tempat dengan
pangsa pasar menengah kebawah.
B. LATAR
BELAKANG PERUSAHAAN
Warung Hurairah Club Coffee adalah konsep
kedai kopi yang didasarkan pada minunam kopi yang terpilih dari biji-biji kopi
pilihan Indonesia dan beragam. Warung Coffee
menawarkan
pengalaman minum kopi dengan menciptakan atmosfir untuk menikmati minuman.
Kedai ini akan pertama kali dibuka di Kediri dan akan dikembangkan di beberapa
kota besar lainnya Jika sudah
mencapai target yang di inginkan. Rencana jangka pendek Warung Hurairah Club Coffee
akan mendirikan gerai pertama seluas kurang dari atau sama dengan 30 m2 di Kediri tepatnya di Jalan Raya Ngronggo kota kediri.
Rencana jangka menengah Warung Hurairah Club
Coffee akan melakukan strategi ekspansi di Kediri
(dengan menambah dua gerai). Sementara itu, rencana jangka panjang Warung
Hurairah Club Coffee adalah menjadi salah satu kedai kopi terkemuka dan juga
berada di kota-kota besar lainnya dengan melalui franchise.
Manajemen Warung Coffee ingin menekankan
bahwa peluang membuka kedai kopi di mal dan gedung-gedung, di Dekat kampus ,
permukiman, masih sangat terbuka, hal ini karena minum kopi di kedai kopi bagi
banyak orang sudah menjadi kebutuhan. Semua orang menyukai minuman dan susana
di kedai kopi. Minum kopi di kedai kopi khusus telah menjadi gaya hidup di
semua kalangan.
C. TIM
MANAJEMEN
1. Owner: Luci Andriana
2. Manajer: Siti Solekah
3. Barista: Nurfaridha Firdausy
4. Coffee Roaster: Alfina Kurniawati
5. Waiter/Waitress: Aisya Dewi Saraswati
6.
Koki:Dwi Yuana
D. RENCANA
KEUANGAN
Uraian
|
Persentase (%)
|
|
(a)
|
(b)
|
|
1. Modal Kelompok
|
70%
|
213,780,000
|
2. Pinjaman
|
30%
|
91,620,000
|
Jumlah (1+2)
|
100%
|
305,400,000
|
Asumsi Penjualan
Kebutuhan Pembiayaan/Modal
Investasi
Uraian
|
Banyaknya
|
Harga/Unit
|
Jumlah
|
(1)
|
(2)
|
(3 = 1 x 2)
|
|
Sewa
Ruko
|
12 Bulan
|
3,000,000
|
36,000,000
|
Coffee
Machine
|
1
|
10,000,000
|
10,000,000
|
Coffee
Maker
|
1
|
10,000,000
|
10,000,000
|
Lemari
Pendingin
|
1
|
5,000,000
|
5,000,000
|
Dispenser
|
1
|
750,000
|
750,000
|
Blender
|
2
|
1,000,000
|
2,000,000
|
Kompor
Gas
|
2
|
500,000
|
1,000,000
|
Microwave
|
1
|
2,000,000
|
2,000,000
|
Mesin
Kasir
|
1
|
7,000,000
|
7,000,000
|
Komputer
|
2
|
5,000,000
|
10,000,000
|
Meja
Kasir
|
1
|
750,000
|
750,000
|
Kursi
|
16
|
100,000
|
1,600,000
|
Meja
|
8
|
150,000
|
1,200,000
|
Sofa
|
6
|
1,000,000
|
6,000,000
|
Jumlah
|
-
|
-
|
93,300,000
|
Kebutuhan Pembiayaan/Modal
Kerja
Uraian
(Bahan Per bulan)
|
Banyaknya
|
Harga/Unit
|
Jumlah
|
(1)
|
(2)
|
(3 = 1 x 2)
|
|
Bahan Baku (Biji Kopi) / Kgs / Bulan
|
20
|
70,000
|
1,400,000
|
Persediaan Bahan (Biji Kopi) / Kgs/ Bulan
|
10
|
70,000
|
700,000
|
Bahan Baku (Spaghetti) / Pax / Bulan
|
10
|
30,000
|
300,000
|
Persediaan Bahan (Spaghetti) / Pax / Bulan
|
5
|
30,000
|
150,000
|
Uang Kas
|
-
|
-
|
3,000,000
|
Jumlah
|
-
|
-
|
5,550,000
|
Analisa Biaya Tetap
Uraian
|
Banyaknya
|
Harga/Unit
|
Jumlah
|
(1)
|
(2)
|
(3 = 1 x 2)
|
|
Gaji / Orang
|
4
|
3,000,000
|
12,000,000
|
Biaya Pemasaran
|
1 Tahun
|
-
|
1,000,000
|
Biaya Lainnya
|
-
|
-
|
500,000
|
Jumlah
|
-
|
-
|
13,500,000
|
E. RENCANA
PEMASARAN
1.
Jenis
Barang / Jasa yang dijual
Dalam
usaha warung Hurairah Club coffee ini yang kami jual adalah berbagai jenis
minuman yang tentunya terbuat dari bahan dasar coffee dan juga beberapa makanan
untuk menu pendamping .
2.
Keunggulan
produk dibanding yang lain
Keunggulan dari ‘Warung
Hurairah Club coffee’ yaitu “Harga dan pelayanan, harga produk
kami lebih murah dari kedai kopi sejenis dengan produk dan kualitas yang sama. Dan dengan pelayanan yang sangat ramah
dan aktif melayani pelanggan
3.
Target Pembeli (Kelas Pembeli)
Warung
Hurairah Club coffee akan dipasarkan
kepada semua kalangan. Gerai
akan berlokasi di tempat yang mudah dijangkau oleh semua kalangan menengah
kebawah dan pelajar / mahasiswa. Warung Coffee berharap tingkat
pembelian ulang konsumen cukup tinggi. Selain itu juga diharapkan sekitar 75%
pesanan melalui take away.
4. Segmentasi berdasarkan
demografis
1.
Umur : ≥ 15 – 40 tahun
5. Segmentasi berdasarkan
psikografis
1.
Gaya hidup :
Sederhana
2.
Kelas sosial : Kelas bawah sampai kelas
menengah
6. Daerah Penjualan (Kota / Negara)
Daerah penjualan Warung Hurairah
Club Coffe ini
berada di Kediri tepatnya
di Jalan Panglima Polim
7. Kondisi Pasar
Salah
satu ciri perilaku konsumen di Indonesia, khususnya masyarakat perkotaan adalah
suka berkumpul dengan teman, kerabat maupun rekan kerjanya. Tempat berkumpul
umumnya adalah kafe, fitness center,
arisan dan lain sebagainya. Itu sebabnya fasilitas-fasilitas seperti itu banyak
didirikan sebagai tanggapan atas perilaku konsumen yang demikian, Perilaku suka
berkumpul merupakan ciri atau indikator bahwa masyarakat Indonesia memiliki
kehidupan sosial yang kuat.
8. Potensi Pembeli
Potensi
pembeli di sekitar warung Hurairah Club coffee sangat potensial untuk bisa
membeli produk yang ada di warung coffee ini dikarenakan lokasi yang memang
strategis , dan warung coffee ini ditujukan untuk semua kalangan yang menyukai
kopi.
9. Permintaan
Warung Cofee menyediakan menu minuman yang sesuai
dengan selera pesanan pelanggan dengan menawarkan menu minuman kopi
yang bervariatif. Warung Hurairah Club Coffee berusaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dengan
pelayanan yang baik.
Lokasi
: Warung Coffee ini berada di kawasan pertokoan dan berdekatan dengan kawasan
perkantoran
lokasinya juga tidak jauh dari jalan yang dilalui kendaraan.
Jumlah
Penduduk Kota Kediri: kurang lebih 1.554.358 jiwa.
Segmentasi berdasarkan geografis :
a.
Propinsi :
Jawa Timur
b. Kota : Kediri
c. Daerah Tujuan : Masyarakat yang tinggal di Kediri
10. Penawaran
Kapasitas
Pesaing Utama : Kapasitas dari pesaing utama sangat besar dan
kompetitif untuk itu kami berusaha untuk melakukan planning yang baik dalam
usaha bisnis warung coffee ini.
Rencana
Penjualan : Untuk penjualan sendiri karena warung coffee ini
berbasis usaha franchise kami memulai dari satu franchise kemudian bila bisnis
usaha ini semakin berkembang kami akan membuka beberapa cabang.
Pangsa
Pasar : Pangsa pasar kita ditujukan untuk kalangan menengah
kebawah yang menyukai minuman berbahan dasar kopi.
11. Pemasaran
Pemasaran (product, price, promotion, dan place) :
Hal yang perlu diperhatikan
dalam marketing mix Warung Coffee adalah dengan memperhatikan
strategi 4P, yaitu product, price, promotion, dan place.
1.
Strategi product.
Strategi product dapat dilakukan dengan
menggunakan jenis kopi yang baik dan berkualitas. Menjual produk dengan
berbagai jenis kopi yakni kopi Cappucino, Moccachino, Vanilla Coffe Latte, dan
didukung menu makanan pendampingnya.
2.
Strategi price.
Strategi harga dilakukan dengan memberikan potongan harga untuk
setiap pembelian makanan dan minuman yang telah menjadi harga gabungan antara
keduanya. Kedai Kopi Medan melakukan strategi harga, yaitu:
-
Single
Price
Single
price adalah
harga minuman dan makana per unit.
-
Bundel Price
Bundel price adalah
harga yang dijadikan lebih murah oleh gabungan 2 harga yang berbeda.
3.
Strategi promotion.
Dilakukan dengan penjualan secara langsung pada konsumen,
menyebarkan brosur, dan pemasaran melalui media online.
4. Strategi place.
Strategi place dilakukan dengan membuka Warung
Coffee yang dekat dengan konsumen dan lokasi yang strategis sehingga produk
mudah untuk dicari konsumen.
F. ANALISIS
LOKASI
Berbeda dengan umumnya kedai kopi, gerai
Warung Coffee berlokasi di kawasan pertokoan dan berdekatan dengan sekolah lokasinya
juga tidak jauh dari jalan yang dilalui kendaraan
G. RENCANA MANUFAKTOR
1.
PRODUKSI
Tanah
Untuk tanah yang akan dijadikan warung coffee ini
berukuran 30M² .
Bangunan
Bangunan yang dipakai untuk mendirikan warung coffee ini seperti
bentuk ruko yang didesain layaknya café tetapi lebih minimalis .
Mesin dan
peralatan
Alat-alat
yang dibutuhkan dalam proses pembuatan kopi :
-
Coffee
Machine yaitu alat pembuat bubuk kopi .
-
Coffee
Maker yaitu alat yang dipakai untuk mencapur bahan dasar kopi .
-
Blender
(khusus untuk membuat Ice coffee) .
-
Cangkir
(untuk hot coffee) .
-
Gelas
Pelastik (khusus ice coffee) .
Bahan-bahan
yang dibutuhkan dalam proses pembuatan kopi :
-
Biji
Kopi (bahan dasar) .
-
Susu
, Caramel , Gula , Sirup , Cokelat , Es Batu .
Proses
Pengolahan :
-
Memilih
biji kopi yang berkualitas .
-
Memanggang
biji kopi .
-
Menggiling
biji kopi dengan Coffee Machine .
-
Memasukan
biji kopi yang sudah digiling tersebut kedalam Coffee Maker untuk diproses
sesuai dengan pesanan .
Alat-alat
yang dibutuhkan dalam proses pembuatan makanan :
-
Kompor
gas .
-
Alat
Masak seperti tempat penggorengan , teflon , panci , microwave .
Bahan-bahan
yang dibutuhkan dalam proses pembuatan makanan :
-
Bahan
Dasar seperti Spaghetti , Telur , Jamur , Daging , Kentang .
-
Bahan
Pelengkap seperti bumbu masak , cream , susu , keju , saus.
H. APPENDI(LAMPIRAN)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Semoga Manfaat