MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI MADRASAH
Mata Kuliah : Admistrasi dan Manajemen Pendidikan
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Berbicara tentang teknologi, tentunya tidak bisa dipisahkan dari kehidupan
manusia. Selamanya, selama peradaban manusia masih ada, teknologi akan terus
menjadi hal terpenting dalam kehidupan. Hal yang saat ini sedang menjadi trand
dan ramai diperbincangkan adalah teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang
mana merupakan salah satu hal terpenting di abad ini. Tidak dapat dipungkiri
kalau TIK tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia. Mulai dari anak kecil
hinga orang tua, pedagang kecil hingga pengusaha besar, baik disadari maupun
tidak sudah begitu tergantung pada TIK.
Jika dilihat dari kacamata sejarah, TIK sesungguhnya sudah mulai dikenal
manusia sejak beratus-ratus berabad-abad lalu. Sejak manusia diciptakan di muka
bumi ini, manusia sudah mulai mencoba berkomunikasi dengan symbol-simbol dan
isyarat. Hal ini merupakan titik awal perkembangan TIK. Manusia yang lebih maju
dan modern mampu berkomunikasi secara lisan dan mulai mampu mendokumentasikan
informasi dalam bentuk tulisan dan ukiran baik dalam bentuk simbol maupun
gambar.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian dari teknologi informasi dan komunikasi?
2. Apa tujuan mempelajari teknologi informasi dan komunikasi di madrasah?
3. Bagaimana peran teknologi informasi dan komunikasi di madrasah?
4. Bagaimana manfaat teknologi informasi dan komunikasi di madrasah?
5. Bagaimana dampak penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di madrasah?
C. Tujuan
1. Mengetahui pengertian dari teknologi informasi dan komunikasi.
2. Mengetahui tujuan mempelajari teknologi informasi dan komunikasi di
madrasah.
3. Mengetahui peran teknologi informasi dan komunikasi di madrasah.
4. Mengetahui manfaat teknologi informasi dan komunikasi di madrsah.
5. Mengetahui dampak penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di
madrasah.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi
Teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari
alat, mesin, material dan proses yang memudahkan manusia untuk menyelesaikan
masalahnya. Sedangkan informasi adalah hasil pemrosesan,
manipulasi dan pengorganisasian/penataan dari sekelompok data yang mempunyai
nilai pengetahuan bagi penggunanya.
Teknologi
Informasi dan Komunikasi meliputi dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan
Teknologi Komunikasi. Teknologi
Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal
dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum
untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah,
menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Teknologi
informasi menyatukan komputasi dan
komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Teknologi informasi
meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat
bantu, manipulasi dan pengelolaan informasi.
Berikut ini adalah beberapa pendapat para ahli tentang
Pengertian Teknologi Informasi :
1. Teknologi Informasi adalah
seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melaksanakan
tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi (Haag & Keen,
1996)
2. Teknologi Informasi adalah segala bentuk
teknologi yang diterapkan untuk memproses dan mengirimkan informasi dalam
bentuk elektronis (Lucas, 2000)
Teknologi komunikasi
adalah segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses
dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.[1]
Teknologi Komunikasi adalah
sebuah alat atau perangkat yang menggabungkan aspek sosial yang memungkinkan
setiap individu dapat mendapatkan, mengirimkan, dan saling bertukar informasi
dengan individu-individu lainnya.Dengan begitu, setiap individu dapat mencari
informasi atau data yang dibutuhkan dengan teknologi komunikasi.
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan
bahwa Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yaitu segala
kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan
transfer/pemindahan informasi antar media.
B. Tujuan Mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah
1.
Menyadarkan
siswa akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus
berubah sehingga siswa dapat termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari
Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
2.
Memotivasi
kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan
Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga siswa bisa melaksanakan dan
menjalani aktifitas kehidupan seharihari secara mandiri dan lebih percaya diri.
3.
Mengembangkan
kompetensi siswa dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk
mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan
seharihari.
4.
Mengembangkan
kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga proses
pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong siswa terampil dalam
berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
5.
Mengembangkan
kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan
bertanggungjawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk
pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah seharihari.
C. Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah
1. TIK sebagai keahlian dan kompetensi. Maksudnya, penggunaan TIK harus proporsional atau TIK bisa masuk ke
semua lapisan masyarakat tapi sesuai dengan porsinya masing-masing.
2. TIK sebagai
infratruktur pembelajaran. Infrastruktur pembelajaran di sini maksudnya adalah
tersedianya bahan belajar dalam format digital, jaringan adalah sekolah,
sehingga belajar bisa dijangkau di mana saja dan kapan saja.
3. TIK sebagai sumber bahan belajar. Hal ini mengenai buku dan bahan
belajar yang diperbaharui secara kontinyu dengan menggunakan teknologi. Karena
tanpa teknologi, pembelajaran yang
up-to-date membutuhkan waktu yang cukup lama.
4. TIK sebagai alat bantu dan fasilitas pembelajaran. Seperti yang kita ketahui, fasilitas
TIK sangat membantu proses pembelajaran. Contohnya, dalam menyampaikan
informasi, dengan menggunakan fasilitas multimedia informasi akan cepat sampai
ke peserta didik dengan lebih akurat karena dengan adanya berbagai fasilitas
multidedia tersebut, peserta didik lebih termotivasi untuk belajar dan
mengeksplorasi pengetahuannya secara lebih luas.
5. TIK sebagai pendukung manajemen pembelajaran. TIK sangat mendukung dalam hal
mengelola pembelajaran, karena pada dasarnya tiap individu memerlukan dukungan
pembelajaran yang tanpa henti.
6. TIK sebagai sistem pendukung keputusan. Dalam mengambil sebuah keputusan,
setiap individu memiliki alasan tersendiri. Oleh sebab itu, diperlukan
informasi berdasarkan fakta yang ada dalam mengambil sebuah keputusan.[2]
D. Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah
1. Memanfaatkan
fasilitas multimedia yang sudah tersedia untuk mempermudah kegiatan yang
dilakukan selama proses pembelajaran. Misalnya, untuk presentasi. Jika dahulu
presentasi hanya menggunakan media OHP yang monoton, sekarang presentasi sudah
dapat ditampilkan dengan LCD projector dan dibuat lebih kreatif dengan
menampilkan berbagai konten multimedia, seperti gambar, video, suara, dan
sebagainya.
2. Memanfaatkan
internet untuk proses pembelajaran jarak jauh (kelas virtual). Kelas virtual
ini sudah menjadi tren di era globalisasi sekarang. Karena kelas virtual
mmiliki beberapa keuntungan, seperti: peserta didik dapat mengekspresikan diri,
bersosialisasi, saling berbagi pengetahuan, meningkatkan kreativitas, dan
menumbuhkan cara belajar yang mandiri.
3. Memungkinkan
peserta didik untuk berdemonstrasi dengan perangkat multimedia yang ada.
Misalnya, menampilkan suatu kegiatan eksperimen dengan tujuan untuk
memperlihatkan bagaimana cara yang dilakukan dalam eksepimen tersebut.
E. Dampak Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Madrasah
Dampak Positif:
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi dapat meningkatkan
kehidupan manusia, yang berarti keberadaan teknologi informasi dan komunikasi
dapat member manfaat atau keuntungan bagi kehidupan manusia. Ketika menggunakan
telepon , menonton televise, mengerjakan tugas dengan computer dan menggunakan
fasilitas internet, sehingga apapun masalah kita sangat mudah kita atasi.
Dampak Positif penggunaan TIK juga memungkinkan dan memudahkan manusia
untuk dapat saling berhubungan dengan cepat, mudah dan terjangkau. Informasi
dari belahan dunia lain dengan mudah dapat diterima dengan cepat , aktivitas
komunikasi antar dua tempat yang berjauhan menjadi lebih muda dan cepat
menggunakan alat-alat teknologi informasi dan komunikasi.
Dalam bidang pendidikan , perkembangan TIK berpotensi untuk membangun
masyarakat yang demokratis, hal ini ditandai adanya hubungan guru dengan siswa
, guru dan guru , dan antar guru siswa, orang tua dan masyarakat dalam
kaitannya dengan proses pendidikan dalam dan diluar sekolah.
Dampak
Negative:
Perkembangan TIK sering dianggap sebagai kebaikan atau kemudahan bagi para
penggunanya. Namun, ketika nalar, kemampuan dan iman kita belum memadai atau
tidak siap untuk mengikuti perkembangan tersebut. Perkembangan TIK tidak hanya
menimbulkan efek positif, tetapi juga menimbulkan efek negative. Efek negative
tersebut disebabkan oleh perkembangan ilmu IPTEK. Penguasaan IPTEK yang
seharusnya digunakan untuk hal yang posistif, tetapi ini malah digunakan
sebagai kejahatan dunia maya (cyber crime). Selain itu Penguasaan IPTEK malah
digunakan untuk memuaskan hasrat duniawi sehingga lahirlah pornografi yang
mampu diakses melalui internet (cyber porn).
Adapun efek negative lainnya dari penggunaan TIK adalah semakin maraknya
aktivitas pembajakan program computer dan VCD, CD, DVD aktivitas tersebut
merupakan tindak kriminalitas, karena termasuk kegiatan illegal yang merugikan
pihak lain.[3]
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang terus,
bahkan dewasa ini berlangsung dengan pesat. Terutama berkaitan
dengan teknologi informasi dan komunikasi yang ditunjang dengan teknologi
elektronika. Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan
kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja,
kapan saja, dan dari siapa saja. Pengaruhnya meluas ke berbagai bidang
kehidupan, termasuk bidang pendidikan.
Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi
informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan
berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan
perubahan yang cukup signifikan. Akan tetapi semua itu tidak terlepas dari sisi
negatifnya. Menyikapi keadaan ini, maka peran pendidikan sangat penting untuk
mengembangkan dampak positif dan memperbaiki dampak negatifnya.
DAFTAR PUSTAKA
B.Uno, Hamzah. Profesi Kependidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.
Nasution. Teknologi Pendidikan.
Bandung: Bumi Aksara, 2011.
http://TeknologiInformasidanKomunikasi.com diakses pada tanggal 29 Oktober 2017
[1]
Nasution.
Teknologi Pendidikan. (Bandung: Bumi Aksara, 2011), 1.
[2]
Hamzah
B.Uno. Profesi Kependidikan. (Jakarta: Bumi Aksara, 2009), 98.
[3]
http://TeknologiInformasidanKomunikasi.com diakses pada tanggal 29 Oktober 2017
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Semoga Manfaat